Hore! Kampung Iklim Disosialisasikan, Masyarakat Harus Ambil Bagian

    SUKAMARA – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukamara mensosialisasikan program kampung iklim, konservasi dan rehabilitasi daerah aliran sungai (DAS) serta pengelolaan persampahan yang digelar di Gedung Gawi Barinjam.

    Kepala DLH Sukamara, Rendy Lesmana mengatakan bahwa program kampung iklim merupakan program pemerintah pusat sehingga daerah harus ikut ambil bagian dengan kegiatan tersebut.

    Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah telah dicanangkan kampung iklim yang berlokasi di Kelurahan Padang, Kecamatan Sukamara tetapnya RW 3 dengan empat RT yaitu RT 7,8,9 dan 10.

    “Harapanya masyarakat Sukamara khususnya yang tinggal di Kampung Iklim bisa ambil bagian, karena masyarakat yang harus berperan aktif dalam upaya menjaga lingkungan,” ujar Rendy usai membuka sosialisasi program kampung iklim, konservasi dan rehabilitasi daerah aliran sungai (DAS) serta pengelolaan persampahan, Senin (12/3/2018).

    Rendy menerangkan bahwa peran pemerintah dalam membangun lingkungan yang bersih, sehat harus didukung oleh masyarakat dengan mengelola lingkungan dengan baik.

    “Peran pemerintah menyiapkan segala sarana dan prasaranannya, seperti menyiapkan kader lingkungan yang mewakili pemerintah ditengah masyarakat secara langsung,” ucapnya.

    Sebelumnya, Bupati Sukamara, Ahmad Dirman mencanangkan kampung iklim dengan program 3S dilaksanakan di TPA Sukamara, dapat menumbuhkan kesadaran seluruh lapisan masyarakat untuk dapat memilah dan mengelola sampah yang masih dapat dimanfaatkan agar bisa dijual kembali melalui petugas atau kader lingkungan.

    “Dengan adanya program 3S ini masyarakat dapat menjaga kebersihan jangan sampai membuang sampah sembarangan, dan saat ini sudah dicanangkan kampung iklim sebagai pilot projek untuk program 3S di Kampung Padang RW 3 yang meliputi RT 6,7,8 dan RT 9,” ujar Dirman, Selasa (27/2/2018).

    Dirman mengharapkan program kampung iklim tersebut bisa berkembang bukan hanya di RW 3 namun juga dapat kerkembang ke wilayah lainnya di Kelurahan Padang, Kecamatan Sukamara bahkan bisa mencapai tingkat Kabupaten.

    “Harapan kita dengan adanya kegiatan ini mari bersama-sama membuat Sukamara bersih dan sehat, selain itu dukungan masyarakat juga diperlukan agar gerakan 3S ini bisa berjalan dengan baik untuk mewujudkan kota Adipura,” harap Dirman.

    (enn/beritasampit.co.id)

    Editor: MAULANA KAWIT