Arton Ajak Masyarakat Gumas mulai Menilik Mata Pencaharian Lain

380
Bupati Gumas, Arton S. Dohong

Editor: A. Uga Gara

PALANGKA RAYA -Bupati Gumas, Arton S. Dohong mengajak masyarakat di wilayah itu mulai mencari alternatif usaha lain, selain menambang emas untuk meningkatkan perekonomian.

Bupati mengatakan, pemerintahan yang dipimpinnya akan terus melakukan analisis sektor mana yang bisa menjadi pendongkrak perekonomian. “Saat ini mungkin sektor pertambangan masih menjadi salah satu mata pencaharian yang diminati masyarakat,” ucap bupati di Palangka Raya, Selasa (13/3/2018).

“Namun suatu saat ketika emas sudah mulai sulit didapat dan lahan pertambangan semakin sulit ditemukan, maka kalau tidak ada langkah antisipasi tentunya bisa timbul kesenjangan sosial,” timpalnya.

Baca Juga:   Penting Tanamkan Pendidikan Pancasila sejak Usia Dini

Kendati dirinya sudah mengajak masyarakat beralih usaha ke sektor lain, namun dirinya menilai untuk mengubah pemahaman masyarakat agar mulai mempertimbangkan sektor lainnya tentunya perlu waktu dan proses yang tidak sebentar.

Oleh karena itu ucapnya, dia juga sering berdiskusi dengan unsur FKPD untuk membahas hal tersebut. “Salah satu alternatif mata pencaharian bagi masyarakat yang punya prospek kedepannya adalah menyadap karet. Karena pohon karet sangat cocok dengan lingkungan di Gumas,” tukasnya.

Politisi PDIP ini lebih lanjut mengatakan, saat ini yang masih menjadi kendala adalah harga karet yang masih rendah, yakni kisaran Rp. 5.000/kg. “Jika dibandingkan dengan harga beras yang berkisar Rp. 15.000/kg, maka hitungan kasarnya harga 3 kg karet hanya dapat membeli 1 kg beras,” rinci Arton.

Baca Juga:   ​WOW...Sangat Menegangkan, Yansen Binti Dikawal Mobil Lapis Baja dan Brimob

(apr/beritasampit.co.id)

Komentar Facebook

comments