Woow.. Perputaran Uang di Event Perdana Gelar Karya Kalteng Capai Rp. 3 Miliar Lebih

450
NT/BS - Kadis Perindag dan Perindustrian Provinsi Kalteng Katma F Dirun

PALANGKA RAYA – Pertama kalinya di agendakan Gelar Karya Kalteng Tahun 2018, perputaran uang yang beredar dalam Gelar Karya Kalteng yang berlangsung selama lima hari dimulai dari Tanggal 8-12 Maret 2018 mencapai Rp. 3 Miliar.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Katma F Dirun kepada wartawan usai menutup kegiatan Gelar Karya Tahun 2018 di Arena Pameran Temanggung Tilung, Kota Palangka Raya, Senin (12/3/2018) malam.

“Sangat luar bisa even perdana ini, perputaran anggaran kegiatan yang berlangsung selama 5 hari berturut-turut ini, mencapai angka Rp. 3 Milyar lebih. Dengan jumlah Stand 62 untuk bagian Indoor, dan 70 dibagian Outdoor. Ini merupakan sesuatu yang signifikan, bila dikaitkan dengan penampilannya yang perdana serta dengan jumlah yang dibawah 300 stand,” ungkapnya.

Dirinya juga mejelaskan kegiatan Gelar Karya Kalteng 2018 berbeda dari event-event sebelumnya. Pasalnya kegiatan ini memberikan wadah bagi seluruh Industri Kecil dan Menengah (IKM), UMKM serta para putra-putri asli Kalteng, hingga para Nara Pidana (Napi) memiliki kesempatan untuk menunjukan karya-karyanya.

Baca Juga:   Desa Sungai Mentawa Inginkan Perbaikan Jalan

Hal inilah yang membuat kegiatan ini berbeda dari kegiatan-kegiatan lainnya. Bahkan pada saat kegiatan ini resmi dibuka, antusias masyarakat pun sangat tinggi karena adanya dorongan untuk menyaksikan langsung, seperti apa sebenarnya karya dari putra-putri kalteng ini.

“Sampai-sampai kawan dari Lembaga Permasyarakatan (LP) datang kepada kami agar diberikan kesempatan untuk menunjukan karyanya,”ucap Katma.

Lanjutnya, Kedepan event Gelar Karya Kalteng ini akan dijadikan agenda setiap tahun sehingga hasil IKM dan UMKM dapat bersaing dan dapat masukan dari IKM dan UMKM lainnya.

Disisi lain, Event Organizer PT. Duta Kreasi Multy Persada yang menggelar even ini Aco Sudarsono mengatakan, hal ini luar biasa namun kedepannya pihaknya akan membuat event lebih besar dan lebih banyak pengrajin dari seluruh Indonesia yang hadir dalam even Gelar Karya Kalteng selanjutnya.

Baca Juga:   Di Palangka Raya, Saksi Paslon Terima Hasil Pilgub

“Harapan kami dari SKPD di Kalimantan Tengah bisa mengikuti kegiatan Gelar Karya Kalteng pada even tahun depan sehingga perputaran uangnya semakin lebih besar lagi. Dan kita juga akan mengajak pengarajin dibawah binaan LIPI, BPSDM dan lainnya untuk dapat meramaikan kegiatan ini,”tutupnya.

(nt/beritasampit.co.id)

Editor: MAULANA KAWIT

Komentar Facebook

comments