DPRD Katingan Pertanyakan Indikator Sekolah Rujukan

    KASONGAN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Katingan dalam pengakuanya masih belum mengetahui bagaimana penilain sebuah sekolah di katagorikan sekolah rujukan di Katingan.

    “Oleh karena ini saya mempertanyakan indokator sekolah rujukan itu sebenarnya sekolah yang bagaimana?,” kata Wakil Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan Karyadi, Kamis (15/3/2018).

    Sekedar kita ketahui, menurut Kayadi, bahwa khusus untuk pendidikan di Bumi Penyang Hinjei Simpei ini, yang cukup meningkat adalah dari sisi pembangunan infrastrukturnya, yaitu pembangunan gedung sekolah dan beberapa perumahan dinas untuk guru di pedesaan “Sedangkan dari sisi kualitasnya belum terlihat,” aku legislator Partai Demokrat ini.

    Oleh sebab itulah, dirinya meminta kepada pemerintah Kabupaten Katingan melalui Dinas Pendidikan setempat, mulai sekarang sudah saatnya melakukan penilaian terhadap semua sekolah yang ada di Kabupaten Katingan ini, mulai dari tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) baik berstatus negeri maupun swasta.

    Sehingga bisa menjadi pemikiran bersama untuk menyatakan sekolah mana saja yang bisa diklasifikasikan sebagai sekolah rujukan.

    “intinya, untuk menyatakan sekolah rujukan tidak bisa diakui oleh sekolah yang bersangkutan, tapi harus memiliki berbagai persyaratan dan dinilai dengan indikator yang sudah ditentukan,”jelas anggota dewan tiga periode ini.

    Terkait dengan masalah pendidikan dirinya berharap semua sekolah yang ada di Kabupaten hasil pemekaran Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) ini, kedepanya dapat lebih ditingkatkan, termasuk juga pendidikan dari sesi spritualnya. Sehingga salah satu visi Kabupaten Katingan, yakni Katingan Cerdas benar-benar bisa terwujud.

    Harapan ini, sudah pernah pula diutarakannya kepada kepala Dinas
    Pendidikan setempat dan jajarannya saat melakukan kunjungan kerja komisi I beberapa waktu lalu.

    “Untuk meraih harapan dimaksud dihadapan kami, kepala Dinas Pendidikan setempat Muhammad Hasrun berjanji akan melakukan pembinaan kepada semua anak didik disemua sekolah melalui kepala sekolahnya masing-masing,” aku anggota dewan asal daerah pemilihan (Dapil) Katingan II meliputi wilayah Kecamatan Tasik Payawan, Kamipang, Mendawai dan Katingaan Kuala ini.

    (ar/beritasampit.co.id)

    Editor: MAULANA KAWIT