DPRD Kotim Minta Pemkab Fokus Atasi Masalah Pengangguran

    SAMPIT- Wakil Ketua I DPRD Kotim H Supriadi MT meminta pemerintah kabupaten setempat fokus dalam mengatasi masalah pengangguran. Sebab, angka pengangguran selama ini dinilai masih masuk dalam kategori meningkat.

    Supriadi menegaskan, perlunya hal ini menjadi bagian dari prioritas untuk diatasi, karena angka pengangguran di Kabupaten Kotim masih duduk didaftar atau zona bertahan dari tahun ke tahun.

    “Walaupun tidak ada angka pasti tentang jumlah pengangguran saat ini, namun jika dibiarkan akan memperlambat pertumbuhan ekonomi di sosial masyarakat yang berimplikasi pada meningkatnya angka kemiskinan di Kotim, untuk sebelum ini terjadi solusi yang tepat adalah menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat,” ujarnya.

    Sedangkan dari fakta dilapangan, menurutnya, masih banyak ditemukan pemuda di daerah ini yang berstatus pengangguran. Hal ini disebabkan kurangnya pelatihan kerja kepada kaum muda, sehingga dengan minimnya keahlian mereka membuat pemuda dinilai sulit dalam mendapatkan sesuai bidang dan kemampuannya.

    “Hal ini perlu disikapi oleh Pemerintah Daerah setempat jika ingin meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi angka kemiskinan di Kotim ini, salah-satu sumber solusinya yakni menggunakan dana Dana Alokasi Umum (DAU),” tutup Supriadi.

    (drm/beritasampit.co.id)