Jalan-Jalan Menyusuri Indahnya Taman Tunggal Sangumang Kota Palangka Raya

    Oleh: Ahmad Prianto Rifansyah (Wartawan Beritasampit.co.id)

    PALANGKA RAYA – Sore itu sekitar pukul 15.00 wib ku pacu dengan pelan sepeda motor menyusuri jalanan di Kota Palangka Raya menuju jalan Yos Sudarso ujung. Tampak jalan masih basah karena hujan yang turun beberapa saat sebelumnya.

    Setelah menempuh 10 menit perjalanan akhirnya sampailah aku di sebuah taman yang kebetulan tidak jauh dari salah satu universitas yang ada di Palangka Raya itu. Taman tersebut bernama Tunggal Sangumang yang merupakan salah satu taman kuliner yang baru saja diresmikan pada bulan Februari lalu.

    Tampak puluhan kontainer yang di cat dengan warna warni terpampang di sepanjang taman tersebut. Selain itu setiap kontainer juga dilukis dengan motif khas Kalteng sehingga menambah kuat kesan nuansa etniknya.

    Angin sepoi sepoi berhembus, terlihat dahan-dahan pohon yang berada dibelakang taman tersebut ikut bergerak. Suasana mulai ramai saat beberapa anak muda datang dan terlihat mengambil foto bersama menggunakan kamera handphone.

    Aku mulai berjalan menyusuri setiap sudut Taman Tunggal Sangumang, cuacapun seakan memberikan kemudahan dengan matahari yang tertutup awan sehingga hawa sekitar tidaklah terlalu panas.

    Tampak pula beberapa orang bocah bermain di halaman taman yang luas serta sesekali berlarian kesana kemari sambil tertawa. Lalu tak terasa sudah hampir satu jam aku berada di tempat tersebut.

    Tak lama kemudian terlihat awan mendung menggantung yang mengisyaratkan akan turun hujan. Akupun lantas putar arah dan meninggalkan Taman Tunggal Sangumang yang penuh dengan keindahan.