Jangan Jual Lahan Kritis, LOTO Bakal Bantu Pengelolaan. Ini Contohnya..?

    KUALA KURUN-Salah satu yang menjadi program unggulan Calon Bupati dan Wakil Bupati Gunung Mas, Ir. Lohing Simon dan Suprapto Sungan, SH (LOTO) adalah meningkatkan hasil produksi komoditi perkebunan dengan memanfaatkan lahan-lahan kritis menjadi lahan produktif.

    Bagi LOTO ini bukan sekedar wacana atau janji, tetapi bukti. Sebagai program uji coba di bidang perkebunan. Sejak 2 tahun lalu, LOTO telah mengelola lahan kritis kurang lebih 2 hektar menjadi lahan produktif bernilai ekonomis. Lahan tersebut dipinjam dari salah seorang warga Desa Tanjung Riu, Kecamatan Kurun.

    Tanaman perkebunan yang dikembangkan di lahan uji coba tersebut, yakni tanaman karet, kelapa sawit, nenas dan tanaman pohon sengon. “Tadinya lahan ktitis, lahan yang tidak ada harapan menjadi lahan produksi, ternyata kalau dikelola, tanaman bisa tumbuh dengan baik dan bernilai ekonomis,” jelas Lohing Simon.

    Setelah sukses ujicoba. Calon Bupati Gunung Mas nomor urut dua ini berharap, masyarakat yang memiliki lahan yang tidak bernilai ekononis tidak kuatir. Karena, akan dibantu oleh pemerintahan LOTO dalam pengelolaannya nanti.

    Oleh karena itu LOTO berjanji, jika terpilih nantinya akan memptioritaskan pengelolaan dan pengembangan sentral perkebunan rakyat dengan memberi bantuan bibit dan bantuan pengelolaan di lahan-lahan kritis milik masyarakat mrnjadi lahan bernilai ekonomis.

    “Ayo pahari, ela laya dengan petak danum. Ela malihi, haga bujur buah. Amun aku terpilih kareh, pemerintah mandohop ngelola. Lahan jadi rusak tau dikelola akan lahan produktif, iyete lahan perkebunan karet, sengon, kelapa sawit dan kanas,” ucap Lohing menyampaikan janji LOTO.

    (mcl/beritasampit.co.id)