Jelang Hari Jadi Kota Kuala Kapuas Digelar Ritual Adat Balian Mamapas Lewu

    KUALA KAPUAS – Ritual Adat Balian Mamapas Lewu merupakan ritual yang selalu dilaksanakan setiap tahunnya sehari sebelum menjelang Peringatan Hari Jadi Kota Kapuas dan HUT Pemkab Kapuas.

    Acara pelepasan dilaksanakan di depan Balai Agama Hindu Kaharingan, Jalan Melati, Kota Kuala Kapuas, Selasa (20/3/2018).

    Dengan lantunan musik tradisional Hindu Kaharingan, rombongan yang dipimpin oleh Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Kapuas Talinting E Toepak disertai dengan iring-iringan mobil menuju ke Rumah Jabatan Bupati Kapuas dan disambut langsung Pjs Bupati Kapuas Ermal Subhan ST MT.

    Para rombongan masuk ke dalam rumah jabatan Bupati Kapuas dan berkeliling di lokasi tersebut sambil membaca doa-doa ritual adat diiringi tabuhan katambung. Setelah itu, rombongan berpamitan dengan Pjs Bupati Kapuas dan berkesempatan berfoto bersama.

    Selanjutnya rombongan yang diperkirkan sekitar 30 orang itu melanjutkan ritualnya menuju Kantor DPRD Kapuas dan Kantor Bupati Kapuas, serta perkantoran lainnya pun tidak luput dari Ritual adat tersebut.

    Ritual Balian Mamapas Lewu merupakan pembersihan segala apa saja di semua kota sampai ke pedalaman Kabupaten Kapuas. Ritual seperti ini dilaksanakan setiap tahun, dan selanjutnya pada hari esok Rabu (21/3) dilaksanakan acara Laluhan.

    (irfan/beritasampit.co.id)