Lestarikan Budaya Daerah, Persit Kartika Chandra Kirana XII/Tpr Gelar Lomba Tari

    KUBU RAYA – Melestarikan budaya dapat dilakukan dengan banyak cara, seperti halnya perlombaan tarian daerah. Untuk itu, Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XII/Tanjungpura menggelar beragam jenis lomba, diantaranya, tarian daerah dan tari Tobelo dilaksanakan di Aula Makodam XII/Tanjungpura, Jalan Arteri Alianyang Nomor 1 Kubu Raya, Kalimantan Barat, Selasa (20/3/2018).

    “Kegiatan perlombaan tarian daerah yang ada di wilayah Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah dan tari Tobelo ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke 72 Persit Kartika Chandra Kirana Tahun 2018,” ujar Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XII/Tanjungpura, Ny Tien Achmad Supriyadi.

    Adapun tujuan lomba tarian ini, lanjut dia, untuk meningkatkan rasa cinta kita kepada tarian daerah khas Indonesia dan mengasah kreatifitas Ibu-ibu Persit dibidang kebudayaan sehingga kita mampu menciptakan suatu kreasi baru yang berakar dari tradisi nusantara, khususnya budaya yang ada di wilayah Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

    “Jadi lomba ini untuk meningkatkan rasa cinta tanah air dan terbukti dengan adanya kegiatan lomba ini, bermunculan kreatifitas Ibu-ibu Persit dan kreasi baru seperti ini perlu dibudayakan,” papar Ny Tien.

    Dalam lomba itu diikuti se- jajaran Persit Candra Kirana Daerah XII/Tanjungpura, dengan mendatangkan dua juri dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, yakni Gabriel yang sudah Go Internasional sebagai juri satu lomba tari daerah, untuk juri dua Veronika. Sementara untuk Ny Tien Achmad Supriyadi sendiri sebagai juri kehormatan dalam acara lomba tari daerah dan tari Tobelo.

    Sedangkan untuk juri pada lomba Tari Tobelo, selaku juri satu adalah Sri Mulyani dan juri dua Hamka, serta Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XII/Tanjungpura, Ny Helly Sulaiman Agusto sebagai juri kehormatan.

    Untuk pemenang lomba tari daerah, juara satu diraih nomor peserta 18 dari Persit Koorcabrem 121/Abw, juara dua nomor peserta 3 dari Persit Cabang X Rindam XII/Tanjungpura dan juara tiga nomor peserta 12 dari Ranting 4 Deninteldam XII/Tanjungpura. Sementara untuk juara harapan satu diraih oleh nomor peserta 8 dari Persit Cabang BS LI Kodim 1207/Berdiri Sendiri, juara harapan dua nomor peserta 7 dari Persit Ranting 3 Hubdam XII/Tanjungpura, untuk juara harapan tiga diraih oleh nomor peserta 17 dari Persit Ranting 3 Paldam XII/Tanjungpura.

    Pemenang pada lomba Tari Tobelo, juara satu nomor peserta 12 dari Persit Ranting 4 Deninteldam XII/Tanjungpura, juara dua nomor peserta 18 dari Persit Koorcabrem 12/Abw, dan juara tiga nomor peserta 14 dari Persit Ranting 2 Bekangdam XII/Tanjungpura. Sedangkan untuk juara harapan satu nomor peserta 02 dari Persit Brigif 19/KH, juara harapan dua nomor peserta 03 dari Persit Cabang X Rindam XII/Tanjungpura, dan diurutan harapan ketiga diraih nomor peserta 01 Persit Ranting 5 Kesdam XII/Tanjungpura.

    (Kodam XII/Tpr FOR BS)