Perang Laluhan Semarakkan Hari Jadi Kota Kuala Kapuas ke- 212

    KUALA KAPUAS – Seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk menyemarakkan hari jadi Kota Kuala Kapuas ke- 212 dan HUT Pemkab Kapuas ke- 67 digelar upacara adat Laluhan atau perang air suku Dayak Ngaju, Rabu (21/3/2018).

    Upacara laluhan ini digelar di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kapuas, tepatnya di depan Dermaga Danau Mare Kota Kuala Kapuas.

    Pantauan di lapangan, dalam perang laluhan itu terdapat tiga buah kapal yang ditumpangi para pejabat Forkopimda, baik dari Pemprov Kalteng maupun dari Pemkab Kapuas, diantaranya Ketua DPRD Kapuas Algrin Gasan, Dandim 1011/Klk Letkol Inf Akhmad Syaiku, Sekda Kapuas Rianova SH, Ketua DAD Kapuas Talinting E Toepak, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat lainnya.

    PERANG LALUHAN : HMSKMF KAPUAS FOR BS – Wagub Kalteng Habib H Said Ismail, didampingi Pjs Bupati Kapuas Ermal Subhan, dan unsur Forkopimda, melakukan upacara adat Laluhan atau Perang Air Suku Dayak Ngaju, di Dermaga Danau Mare Kuala Kapuas dalam Rangka Hari Jadi Kota Kapuas ke- 212 dan Hari Ulang Tahun ke- 67 Pemerintah Kabupaten Kapuas, Rabu (21/3/2018).

    Sementara itu, Wakil Gubernur Kalteng Habib H Said Ismail, Pjs Bupati Kapuas Ermal Subhan ST MT, Kajari Kapuas Komaidi, Kapolres Kapuas AKBP Sachroni Anwar dan rombongan lainnya menunggu di Dermaga Danau Mare.

    Berjarak sekitar 30 meter, kapal melintas dan terjadi saling lempar antar penumpang kapal dan para undangan yang berada di dermaga Danau Mare. Tampak pula Wakil Gubernur dan Pjs Bupati Kapuas saling lempar batang suli dengan para penumpang yang berada di dalam kapal.

    Ditemui wartawan beritasampit.co.id, Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kapuas, Drs Tatang Lesmana mengatakan, laluhan ini menggambarkan betapa gigihnya warga Dayak dalam mempertahankan wilayahnya dari gangguan musuh.

    “Kegiatan laluhan ini kita gelar rutin disetiap tahunnya, terutama pada Hari Jadi Kota Kuala Kapuas dan HUT Pemkab. Semoga kedepan Kapuas semakin maju pesat, dan pada Pilkada nanti dapat berjalan lancar, aman, dan tertib,” ujarnya.

    (irfan/beritasampit.co.id)