Kapolres Katingan Dapatkan Gelar Kehormatan Adat Dayak

    KASONGAN – Kapolres Katingan AKBP Ivan Adityas Nugraha S.I.K diberi penganugrahan gelar Kehormatan adat dayak yaitu sebagai Mantir Panambahan Karambang Lewu Mandereh Danum oleh Ketua Umum Dewan Adat Dayak (DAD) Kalimantan Tengah H. Agustiar Sabran. S.Kom.

    Hal tersebut dibuktikan dengan diadakannya acara syukuran atas pemberian gelar kepada Kapolres Katingan, yang dilaksanakan di rumah jabatan bupati setempat, Selasa (27/3/2018).

    Selain Dihadiri Bupati Katingan Drs. Suhaemi dan jajarannya, Ketua DAD Katingan, juga langsung dihadiri Kepala Kepolisian Daerah Kalteng, Brigadir Jenderal Polisi, Drs. Anang Revandoko dan disambut dengan adat potong pantan khas dayak.

    Gelar yang diberikan “Mantir Panambahan Karambang Lewu Mandereh Danum” ini adalah bermakna sebagai warga kehormatan dayak kalimantan tengah, yang dipandang mampu menjaga keamanan dan ketertiban serta bertanggung jawab sebagai pelindung pengayom dan penegakan hukum dalam rangka meningkatkan harkat dan martabat masyarakat adat dayak kalimantan tengah terutama di Kabupaten Katingan.

    Kepala Kepolisian Daerah Kalteng, Brigadir Jenderal Polisi, Drs. Anang Revandoko mengatakan atas pemberian penganugrahan gelar Kehormatan adat dayak adalah merupakan bentuk penghormatan dan kepercayaan masyarakat adat dayak Kalteng dan dukungan moral, dalam melaksanakan tugas kepolisian.

    Lanjutnnya, dengan tetap menjunjung nilai falsafah belum bahadat ( Prilaku hidup yang menjunjung tinggi kejujuran, kesetaraan, kebersamaan dan toleransi serta taat pada hukum) . Maka hal itu sesuai dengan filosofi huma betang dalam bingkai NKRI.

    “Saya ucapkan selamat kepada Kapolres Katingan atas gelar kehormatan dayak yang telah diterima. Hal ini merupakan bentuk penghormatan dan kepercayaan masyarakat adat dayak Kalteng dan dukungan moral, dalam melaksanakan tugas kepolisian,” pungkasnya.

    Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Katingan, Drs. Suhaemi mengucapkan atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat kabupaten katingan menyampaikan selamat kepada Kapolres Katingan diberikan penganugrahan oleh tokoh adat dayak.

    “Itu maknanya adalah bahwa beliau ini di kabupaten katingan warga kita, ketua kita yang patut dengar pendapat, saran dan kepemimpinan beliau harus kita ikuti,” singkat Suhaemi.

    Sementara, Kapolres Katingan, AKBP Ivan Adityas Nugraha S.I.K mengatakan dengan diberikan kehormatan gelar adat dayak ini merupakan suatu kehormatan yang luar biasa baginya, karena dimana dipandang mampu untuk menjaga keamanan dan ketertiban serta bertanggung jawab sebagai pelindung, pengayom dan pelayanan masyarakat khusunya masyarakat adat di wilayah kabupaten katingan.

    “Gelar yang kami dapatkan tentunya bukan karena kinerja kam. Ini tentunya kerjasama kita semua , yang selama ini telah membangun kabupaten katingan. Sampai saat ini Alhamdulillah dalam keadaan aman dan damai. Saya ucapkan banyak terimaksih kepada Kapolda Kalteng turut dalam acara syukuran ini,” pungkasnya.

    (ar/beritasampit.co.id)