KEREN.. Berkat Memiliki Program Keahlian Khusus SMK Negri 3 Pangkalan Bun Setiap Tahun Dapat Prestasi

    PANGKALAN BUN – Semakin berkembangnya dunia teknologi baik teknologi industri maupun informatika yang telah merambah berbagai sektor pembangunan, antara lain sektor pembangunan pendidikan.
    Maka kini keberadaan sekolah dalam mengembangkan berbagai materi proram belajar mengajarnya, nampak semakin berinovasi dan bersinergi dengan para siswanya di sekolah.

    Seperti halnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negri 3 Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), yang sejak berdiri tahun 2009 berkat memiliki program keahlian ‘canggih’ yang berinovasi, maka setiap tahun berhasil meraih prestasi.

    “Puluhan piagam dan piala dari berbagai prestasi yang diraih SMKN 3 Pangkalan Bun, bukan sekedar basa-basi hanya untuk menghias ruangan kepala sekolah. Tapi piagam dan piala ini, benar-benar diraih berkat perjuangan para siswa dan guru-guru pembimbingnya,” jawab Drs Fathrurraji Kepala SMKN3 Pangkalan Bun, saat dibincangi berita sampit.co.id, Selasa (27/3/2018).

    Prestasi yang berhasil diraih SMKN 3 Pangkalan Bun, lanjut Fathrurraji, didasari dengan tersedianya struktur Guru-guru yang berprestasi.

    “Sebelum mengajar di SMKN 3, kepala sekolah dan guru gurunya sesuai dengan profesinya, sudah menyandang prestasi yang cemerlang,maka dalam belajar mengajar baik melalui teori dan praktek dilapangan,sangat mudah untuk dipahami para siswanya,” terangnya.

    Kemudian tambah Kepala Sekolah ini,di sekolah antara Guru dan Siswa harus memilki komitmen yang sama.Saling mendukung dalam proses pembelajaran sehingga keakraban dan kekeluargaan dalam lingkungan sekolah tercipta dinamis.

    Kekeluargaan inilah yang selalu dipertahankan dalam tiap suasana di SMKN 3 Pangkalan Bun, “Maka dengan adanya komitmen kebersamaan ini, setiap tahun sampai sekarang SMKN 3 Pangkalan Bun semakin eksis, karena berhasil meraih prestasi terbaik/juara dalam segala bidang kompetensi,” imbuhnya.

    Bahkan yang lebih menggembirakan lagi, kini SMKN 3 Pangkalan Bun kebanjiran tawaran kerjasama dari sejumlah Perusahaan Besar Swasta (PBS), antara alin PT BGA, PT Astra Agro Lestari Tbk, (Astra Group). PT CBI, PT KSA, PT SSS. PT MSS, PT GMS, PT USTP, CV BJA, PT FWH dan PT MPP Tbk.

    “Dengan banyaknya tawaran kerjasama tersebut, para guru semakin giat dan semangat untuk mendidik dan membimbing para siswanya, agar menjadi siswa cerdas dan siap bekerja,” paparnya.

    Jurusan program pendidikan keahlian,yang ada di SMKN 3 Pangkalan Bun, yang saat ini semakin banyak diminati oleh para calon siswa, yakni Jurusan Program Keahlian Agribisnis Tanaman Perkebunan, Teknik Pengolahan Hasil Pertanian dan Teknik Mesin Speda Motor.

    Keberadaan lokasi SMKN 3 Pangkalan Bun di Desa Kumpai Batu Atas Kecamatan Arut Selatan, sangat menguntungkan karena dibelakang sekolah terhampar luas lahan yang subur untuk dijadikan kebun praktek oleh para siswa.

    “Bahkan dilahan tersebut dibuka sejumlah demplot lahan pembibitan,seperti karet, sawit dan tanaman semusim, jagung, kangkung, cabai, timun dan jenis tanaman holtikultura lainnya. Kemudian hasil pertaniannya diolah menjadi makanan yang bernilai jual, contoh nenas dibuat slei nenas, ubi dibuat tepung ubi, bisa diolah menjadi berbagai jenis kueh”,lanjutnya.

    Selain itu SMKN 3 Pangkalan Bun satu-satunya di Kabupaten Kobar, yang telah menjadi binaan PT. Yamaha Indonesia Motor Manupacktoring (YIMM).

    “Peserta didik kami khusus para siswa jurusan mesin speda motor, siap dan mampu bersaing kompetitif diantara SMKN yang ada di Kabupaten Kobar,” beber Heru Prabowo Ketua Program Study Teknik Mesin Speda Motor SMKN 3 Pangkalan Bun.

    (Man/beritasampit.co.id).

    Editor: MAULANa KAWIT