Barito Utara Targetkan Juara Umum pada Porprov Tahun Ini

    MUARA TEWEH – Sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porpov) Kalimantan Tengah XI, yang dilaksanakan tanggal 20 – 27 Oktober 2018, Komite Nasional Olahrga Indonesia (KONI) Kabupaten Barito Utara menargetkan untuk menjadi juara umum.

    Adapun cabang olaharaga (cabor) yang diikuti, yakni seluruh cabor yang dipertandingkan. Sebanyak 8 cabor andalan untuk mendulang medali adalah dayung, karate, basket, panahan, takraw, catur, senam dan panjat tebing.

    Dan Saat ini, atlet dari cabor prioritas terus dipersiapkan dan melakukan latihan terpusat. Sekretaris KONI Barut, Munawar Khalil mengungkapkan, kenapa pihaknya berani menargetkan juara umum, lantaran Barut pada Porprov sebelumnya berhasil meraih posisi kedua.

    Kendati selisih jumlah perolehan medali cukup jauh dengan peringkat pertama, tapi saat itu Barut hanya mengikuti 18 cabang olahraga, berbeda halnya Porpov kali ini.

    Lanjutnya, KONI Barut mendapatkan dana hibah dari Pemda Barut sebesar Rp8 miliar. Anggaran tersebut akan dipergunakan untuk kontribusi bagi panitia besar Porprov, bonus atlet, pembinaan cabang olahraga, pengadaan dan perlengkapan kebutuhan kontingen.

    “Nah untuk kontingen Barut yang juara, selain ada bonus tambahan dari kami. Kebetulan Ketua Umum KONI kami ingin menambah dari nilai itu. Uang tersebut sebagai bonus sekaligus penyemangat bagi para atlet agar bisa meraih medali dan mencapai target juara umum. Tahun ini dana kami besar. Jadi kami ingin sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi,” ucapnya.

    Khalil menambahkan, meski ada sejumlah cabor unggulan, namun pihaknya tidak mengesampingkan pembinaan untuk cabor lainnya, yang tetap berjalan.

    Dengan begitu terus berkembang dan bisa meraih medali. Apalagi cabor prioritas pada Porprov sebelumnya berhasil mendulang medali bagi Barut.

    (hdi/beritasampit.co.id)