HUT ke 12 Panguyuban Kuda Lumping “Krido Budoyo” Gelar Aksi Donor Darah

    PALANGKA RAYA- Sejumlah anggota Paguyuban Kuda Lumping Krido Budoyo Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), yang biasa kalau ada acara khusus mereka menari lenggak-lenonggok mengikuti iraman gamelannya.

    Namun kali ini, hal yang sangat berbeda terjadi yaitu kelompok kesenian jawa ini telah melakukan aksi donor darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Palangka Raya.

    Menurut Purwanto Ketua Paguyuban Kuda Lumping Provinsi Kalteng, saat dikonfirmasi beritasampit.co.id mengatakan, aksi sosial donor darah yang dilakukan sejumlah anggotanya, dalam rangkaian memperingati HUT Paguyuban Kuda Lumping Campur Sari Krido Budoyo Ke 12, dimana aksi sosial itu sebagian bentuk kepedulian terhadap sesama.

    Kemudian ia juga mengatakan peringatan hari jadi Paguyuban Kuda Lumping Campur Sari Krido Budoyo yang jatuh pada tanggal 31 Maret setiap tahunnya selalu dilaksanakan kegiatan aksi sosial.

    “Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang selalu kami lakukan, hal itu sebagai bentuk kepedulian kami terhadap sesama, karena setetes darah kita bisa menolong nyawa orang,” ujar Purwanto.

    Lanjut Purwanto kegiatan aksi donor darah ini bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia Kodya Palangka Raya, dimana kegiatan tersebut dilaksanakan di Samping sanggar Paguyuban Kuda Lumping Krido Budoyo di Jl. Marina Permai IX, Palangka Raya.

    “Kami tidak menargetkan berapa kantong yang harus terkumpul, tetapi kami berharap akan mengumpulkan sebanyak banyaknya, demi kemanusiaan untuk membantu mereka yang sangat membutuhkannya. Dan aksi donor ini juga diharapkan menjadi inspirasi bagi Paguyuban lainnya agar mereka bisa melakukan hal yang sama mengingat stok darah di PMI sangat minim,” ujar Purwanto

    Ditambahkan Purwanto mengingatkan, kegiatan rangkaian HUT Ke 12 Paguyuban Kuda Lumping Krido Budoyo, selain menggelar aksi donor darah juga pada 8 April 2018 nanti, akan digelar acara khusus yakni Pangeran Kuda Lumping satu hari satu malam yang diwarnai sejumlah atraksi di Kota Palangka Raya.

    (man/beritasampit.co.id)