Samsudin, Kabid Kesmas Dinkes Kobar: “Masyarakat Perlu Hidup Bersih dan Sehat”

    PANGKALAN BUN – Mensosialisasikan kesehatan kepada masyarakat, bukan hanya dilakukan oleh instansi terkait seperi Dinas Kesehatan. Akan tetapi harus terus dilakukan bersama-sama baik oleh semua dinas, lembaga, perusahaan dan masyarakat.

    Karena semua sama-sama memiliki tujuan, yakni masyarakat perlu hidup bersih dan sehat (PHBS). Hal ini disampaikan Samsudin Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), saat dibincangi beritasampit.co.id, melalui telepon selulernya, Minggu (1/4/2018).

    Menurut Samsudin, permasalahan kesehatan yang saat ini sering mencuat kepermukaan, merupakan akibat dari perilaku hidup yang tidak sehat.

    Ditambah dengan sanitasi lingkungan serta ketersediaan air bersih yang masih kurang memadai,terutama di lingkungan yang padat penduduknya.

    “Hal tersebut sebenarnya dapat dicegah bila fokus upaya kesehatan diutamakan dan ditindak lanjuti secara bersama-sama pada upaya preventif dan promotif dalam menumbuh-kembangkan kemandirian keluarga dilingkungan masyarakat,untuk berperilaku hidup bersih dan sehat,” kata Samsudin.

    Dijelaskan Samsudin, sejak digaungkannya program GERMAS (Gerakan Masyarakat Sehat), Dinas Kesehatan melalui bidangnya, sudah berupaya mensosialisasikan program GERMAS kepada masyarakat, baik langsung praktek kelapangan maupun memberikan arahan, penyuluhan, serta melalui pertemuan dengan seluruh Puskesmas dan lokakarya serta seminar di Kabupaten Kobar.

    Gerakan Masyarakat Sehat (Germas),lanjut Samsudin salah satu program nasional yang diprakarsai oleh Presiden RI, kemudian dicanangkan dalam rangka penguatan pembangunan kesehatan yang mengedepankan upaya promotif-preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat.

    GERMAS bertujuan untuk,menurunkan beban penyaki, menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan.

    GERMAS adalah suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

    Pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian, mulai dari proses pembelajaran hingga menuju kemandirian,” beber Samsudin.

    (man/beritasampit.co.id)