Di Barut Ratusan Produk Ikan Kaleng Ditemukan Mengandung Cacing Pita

    MUARA TEWEH – Tim Satgas Pangan terdiri dari Dinas Kesehatan, Disperindagser, dan Polres Barito Utara mendatangi sejumlah mini market di Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara. Hasilnya, mereka menemukan ratusan ikan kalengan mengandung cacing pita,

    Ratusan produk ikan kaleng ini terdiri dari berbagai merek yabg terjaring razia oleh Tim Satgas Pangan Gabungan, Jumat (30/3/2018).

    Seperti yang diketahui ikan sarden adalah ikan laut yang berada di perairan dangkal dan ikan makarel adalah ikan laut yang hidup diperairan dalam kemudian diolah menjadi ikan kalengan. Namun baru-baru ini hasil pengujian produk ikan dalam kaleng merek tertentu yang dikeluarkan Badan Pengawas Obadat dan Makanan (BPOM) RI positif mengandung parasit cacing.

    Petugas satgas yang merazia kemudian mendata temuan tersebut, dan juga menyampaikan larangan untuk tidak menjual makanan tersebut kepada masyarakat.

    Kasi Perlindungan Konsumen Disperindagser Barut, Emil, saat ditemui di kantornya mengatakan, walau telah dilakukan razia produk ikan kalengan yang mengandung cacing pita, namun itu hanya berupa imbauan.

    Kami pun belum mendapatkan laporan terkait keluhan konsumen terkait hal tersebut,” ucapnya, Senin (2/4/2018).

    (ris/beritasampit.co.id)