Sanggar Turus Pambelum Wakili Katingan pada Festival Isen Mulang di Kapuas

    KASONGAN – Sanggar Turus Pambelum di Kota Kasongan, dibawah binaan Megawatie akan mewakili Kabupaten Katingan pada Festival Budaya Isen Mulang se Kalimantan Tengah yang diselenggarakan di Kabupaten Kapuas pada tanggal 1-6 Mei 2018 mendatang.

    Demikian yang dikatakan kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpor) Kabupaten Katingan, Mido S Mahar, Senin (2/4/2018).

    Menurutnya, mengapa harus penari dari sanggar Turus Pambelum yang mewakili tari daerah pedalaman? Karena sanggar Turus Pambelum merupakan juara pertama saat digelarnya Festival Budaya Penyang Hinje Simpei di tahun 2017 yang lalu.

    “Sehingga sanggar itu berhak mewakilinya di even Festival Budaya Isen Mulang di Kota Air pada bulan Mei mendatang, begitu pula dengan cabang-cabang seni dan budaya lainnya,” ujarnya.

    Lanjut Mido, pada festival Isen Mulang nanti, pihaknya akan turut serta dalam lomba karnaval, lomba gerobak dan perahu hias, pencak silat, tari pesisir, kerungut, base kambe, balogo, masakan tradisional dan sejumlah lomba seni dan budaya daerah lainnya.

    Untuk budget (anggaran) kontingen Katingan pada Festival Budaya Isen Mulang ini, dinas yang dipimpinnya sudah siap, dan bahkan sudah masuk dalam DPA Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) murni tahun anggaran 2018.

    Tambahnya, untuk menjadi juara umum di dalam even tersebut, ia meminta kepada sanggar manapun juga agar memberikan pembinaan dan pelatihan mulai sekarang.

    “Karena, di dalam even berskala Provinsi ini, pembinaan dan pelatihan tidak cukup menggunakan waktu yang hanya satu minggu saja, melainkan minimal satu bulan. Ini kalau kita ingin menjadi juara,” terang mantan Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan, Anak dan Keluarga Berencana (BPA-KB) Katingan ini.

    Terkait dengan pakaian untuk tampil di masing-masing cabang lomba, termasuk juga tari-tarian daerah pedalaman menurutnya tidak ada alasan tidak ada. Karena, suatu sanggar kalau ingin bersungguh-sungguh untuk mengikuti dan tampil di dalam even tersebut, maka sanggar yang bersangkutan harus siap semuanya.

    (ar/beritasampit.co.id)