Wow… Harga Emas di Sampit Semakin Berkilau

    SAMPIT – Meski harga emas blok (lantakan), dan emas perhiasan naik, namun tidak mengurangi aktivitas jual beli emas di Pusat Perrbelanjaan Mentaya (PPM) Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Bahkan, aktivitas jual beli emas ini menunjukkan adanya kenaikan.

    “Sebulan terakhir ini harganya terus mengalami kenaikan, baik emas blok maupun perhiasan,” ujar Darsani, salah seorang pedagang emas di PPM Sampit, Senin (2/4/2018).

    Menurut owner toko emas Mitra Baru ini, naik turunnya harga emas emas blok (lantakan) atau dikenal dengan sebutan emas batangan masih tergantung pada pergerakan emas internasional, dan nilai tukar rupiah terhadap dolar. Meski terjadi kenaikan harga, lanjut Sani, omzet penjualan juga mengalami kenaikan.

    “Untuk omzet pastilah ada kenaikan, karena masih banyak pecinta logam mulia ini yang ingin berburu perhiasan kesukaannya. Jika diprosentasikan 55 persen beli baru, 45 persen menjual dan mengganti dengan model baru. Kata mereka selain cari model sekalian investasi,” paparnya.

    Ia mengungkapkan, harga emas blok dijual Rp590 ribu per gram, dan emas perhiasan kadar 999 (emas Amerika) dipatok Rp595 ribu per gram.

    “Emas amerika harganya Rp595 ribu, kalau emas putih atau kadar 750 kami jual Rp535 ribupergramnya,” tetangnnya.

    Kemudian, sambung dia, emas perhiasan kadar 700 (emas singapore.m, red) dibandrol Rp470 ribu per gram, emas kadar 420 bertenger diharga jaul Rp290 ribu per gram, dan kadar 375 berada pada posisi Rp270 ribu per gram.

    “Kalau dilihat dari pergerakan emas sejak awal tahun kemarin, tidak menutup kemungkinan harganya akan tembus 600 ribu rupiah pergram,” pungkasnya.

    (jun/beritasampit.co.id)