Festival Tandak Kaharingan Akan Dilaksanakan di Katingan Hulu

    KASONGAN – Festival Tandak Intan Kaharingan tingkat Kabupaten Katingan akan dilaksanakan di desa Tumbang Sanamang Kecamatan Katingan Hulu, pada Oktober 2018 yang akan datang. Demikian yang dikatakan Ketua Parisada Hindu Darma Indonesia (PHDI) Kabupaten Katingan I Ketut Fourent Kusamba, belum lama ini.

    Alasan dipilihnya Desa Tumbang Sanamang, Kecamatan Katingan Hulu sebagai tempat dilaksanakannya kegiatan tersebut di tahun 2018 ini, menurutnya, bahwa sejak Katingan berdiri sendiri menjadi Kabupaten 15 tahun yang lalu, satu-satunya wilayah kecamatan yang belum pernah melaksanakan adalah Kecamatan Katingan Hulu.

    “Sedangkan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) dan Pestival Paduan Gereja (Pesparawi) tingkat Kabupaten Katingan sudah pernah dilaksanakan di Kecamatan Katingan Hulu ini,” akunya.

    Namun sebelum dilaksanakan, dirinya berencana untuk memverifikasi dan melakukan sosialisasi terlebih dahulu di Desa Tumbang Sanamang, Kecamatan Katingan Hulu. Maksudnya memantau persiapan masyarakat di Katingan Hulu guna pelaksanaan even ini.

    Lanjutnya, menerangkan, terkait dengan sarana dan prasarana rencana pelaksanaan di Kecamatan Katingan Hulu ini sudah memadai. Karena, di Kecamatan yang ada di wilayah utara ini sudah memiliki Balai Basarah dan aula. Bahkan sebagian besar masyarakat di Desa Tumbang Sanamang, Kecamatan Katingan Hulu, juga sangat mensuport rencana dilaksanakannya even ini, baik dari umat Islam, umat Kristiani maupun umat Hindu Kaharingan sendiri.

    Adapun beberapa cabang yang akan diperlombakan di dalam Festival Tandak Intan Kaharingan nantinya, diantaranya selain cabang-cabang di tahun yang lalu seperti lomba Kandayu, lomba Vocal Groub bernafaskan Hindu Kaharingan, lomba Tari-tarian khas Hindu Kaharingan, juga ditambah dengan beberapa cabang lainnya, seperti lomba Memukul Garantung Tangkanung, misalnya untuk upacara pengantin dan lomba Lawang Sekepeng.

    “Jadi, semua lomba yang diikutsertakan berjumlah sekitar 15 cabang lomba,” sebut pria yang juga pelatih cabor taekwondo ini.

    Sedangkan kontingen yang akan mengikuti even ini menurutnya berjumlah sekitar 11 kontingen dari 11 Kecamatan, yang meliputi kecamatan Kamaipang, Tasik Payawan, Katingan Hilir, Tewang Sangalang Garing, Pulau Malan, Katingan Tengah, Sanaman Mantikei, Katigan Hulu, Petak Malai dan Bukit Raya.

    (ar/beritasampit.co.id)

    EDITOR: MAULANA KAWIT