H Hamdhani Salurkan Bantuan Alsintan kepada Petani di Kapuas

    KUALA KAPUAS – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, H Hamdhani SIP MSos, menyerahkan alat mesin pertanian (alsintan) berupa pompa air sebanyak 29 unit, dan satu unit rice transplanter (alat penanam padi) kepada 26 kelompok tani (Poktan) di Kabupaten Kapuas.

    Penyerahan alsintan yang kesekian kalinya ini disaksikan Asisten II Setda Kapuas, H Masrani, Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kapuas, Juriansyah, mewakili Dandim Kapuas, dan undangan lainnya dilakukan di halaman Dinas Pertanian Kapuas, Rabu (4/4/2018).

    Hamdhani mengatakan, alsintan yang diserahkan ini merupakan bantuan dari pemerintah pusat melalui dana APBN. Adanya bantuan ini diharapkan para penerima dapat menggunakannya dengan sebaik mungkin.

    “Jaga dan pelihara alsinatan, gunakan semaksimal mungkin. Sehingga keinginan pemerintah, dengan alat ini maka akan mempermudah dalam bertani, dan tentu hasilnya diharapkan lebih bagus lagi,” ungkap wakil rakyat daerah pemilihan (Dapil) Kalteng ini.

    Anggota DPR RI dari Partai Nasional Demokrat (NasDem) menambahkan, bahwa sejak tahun 2015 sampai sekarang, bantuan alsintan hasil aspirasi untuk Kalteng sekitar 600 unit, baik hand traktor roda dua, roda empat, mesin penanam padi, mesin mamanen padi, hingga mesin pompa air yang dibagikan ini. Dari jumlah itu, Kabupaten Kapuas terbanyak menerima alsintan.

    Lanjut Hamdhani, meski bantuan sudah cukup banyak, namun masih ada permintaan-permintaan tidak terpenuhi. “Nah ini kita sudah inventarisir dengan Dinas Pertanian, berapa kelompok yang belum dapat, kita data, dan mudah-mudahan 2019 bisa terpenuhi,” ucapnya.

    Sementara itu, dalam sambutan Pjs Bupati Kapuas, Ermal Subhan, yang disampaikan Asisten II Setda Kapuas, H Masrani, meminta kepada petani yang menerima alsintam ini dapat menggunakan sesuai peruntukkannya. Jangam sampai bantuan ini disalahgunakan.

    “Semoga alsintan ini dapat membantu dan memudahkan petani dalam aktivitas pertanian,” ucapnya, seraya mengucapkan terima kasih kepada Hamdhani yang telah memperjuangkan aspirasi petani Kabupaten Kapuas untuk mendapatkan bantuan alsintan.

    (irfan/beritasampit.co.id)