Anggaran Tahun 2017 Kabupaten Katingan Difokuskan untuk ini?

    KASONGAN – Arah kebijakan pembangunan tahun kelima dilaksanakan untuk memastikan kesinambungan upaya-upaya yang telah dilaksanakan periode pembangunan pada empat tahun yang lalu, dengan tetap menekankan pada perbaikan dan penyempurnaan pelayanan pemerintah daerah.

    Demikian pidato pengantar Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Katingan tahun anggaran 2017, yang diwakilkan oleh Sekda Katingan, Drs.Nikodemus, pada rapat paripurna ke 4 masa persidangan II DPRD Katingan, diruang paripurna setempat, Kamis (5/4/2018).

    Menurutnya, rumusan strategi yang dipilih dalam pencapaian misi pembangunan pada tahun keempat atau pada tahun anggaran 2017, dapat dikelompokkan, yakni :

    Pertama, melaksanakan wajib belajar 12 tahun yang merata bagi seluruh laporan masyarakat antara lain, melalui pemberian Biaya operasional Pendidik (BOP) dan biaya Operasional Sekolah (OP), dan meningkatkan pemenuhan hak-hak anak disekolah, serta memberikan bantuan/hibah untuk sarana prasarana sekolah.

    Kemudian, meningkatkan kualitas peserta didik melalui pembangunan sekolah-sekolah unggulan, meningkatkan pendidikan berbasis karakter, dan meningkatkan sistem jaminan pembiayaan kesehatan menyeluruh bagi masyarakat, antara lainnya melalui penerapan pelayanan kesehatan gratis bagi seluruh masyarakat terutama warga miskin.

    “Lalu, mengembangkan Puskesmas rawat inap, menambahkan kapasitas tempat tidur kelas tiga pada RSUD, melaksanakan KB gratis, san meningkatkan kemampuan masyarakat dalam melaksanakan pola hidup bersih dan sehat. Sehingga arah kebijakan pembangunan tahun 2017, difokuskan pada upaya yang telah dilaksanakan dalam periode pembangunan tahun pertama, kedua, ketiga dan keempat, yaitu dengan tetap menekankan pada perbaikan dan penyempurnaan pelayanan pemerintah daerah,” terang Nikodemus.

    Lanjutnya menambahkan, bahwa kebijakan pembangunan daerah lebih menekankan ada orientasi hasil dilapangan berdasarkan upaya yang telah dilakukan pada tahun tahun sebelumnya.

    Oleh sebab itu, peningkatan pemerintah yang bersih dan berwibawa, diharapkan sudah menunjukan hasil nyata terutama dalam penyelenggaraan pemerintah yang lebih efisien dan efektif. Begitu juga, pada peningkatan pelayanan publik dapat diukur secara langsung berdasarkan tingkat kepuasan masyarakat yang memanfaatkan pelayanan tersebut.

    Dikesempatan yang sama, dirinya menjelaskan, bahwa pada peningkatan kualitas pelayanan kesehatan dan pelayanan pendidikan, sudah menjadi sistem pelayanan yang melembaga pada dinas atau instansi terkait didukung unit-unit kerja terkait.

    ” Peningkatan sarana dan infrasruktur yang terus menerus dilakaanakan diharapkan semakin dirasakan damfak positinya oleh masyarakat. Pengembangan sektor-sektor unggulan dalam pembangunan ekonomi katingan sudah mulai meningkat dan diapresiasi oleh investor yang terlihat dari semakin besarnya investasi yang ditanamkan di katingan,” ujarnya.

    Pada tahun kelima nanti, dijelaskan, pada pelaksanaan RPJMD Katingan tahun 2013-2018 diarahkan juga pada upaya mendorong peran serta masyarakat dalam pembangunan, pemberdayaan lembaga kemasyarakatan, pemberdayaan gender, peningkatan peran pemuda dan pembangunan disegala bidang yang melibatkan masyarakat.

    (ar/beritasampit.co.id)