Pengurus FPK Kapuas Resmi Dikukuhkan

    KUALA KAPUAS – Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas, Rianova SH, mengukuhkan Pengurus Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Kapuas periode 2017 – 2020, bertempat di Aula Kantor Kesbangpol Kapuas, Kamis (5/4/2018). Forum ini diketuai H Darwandie.

    Dalam sambutan Pjs Bupati Kapuas yang dibacakan Rianova, mengucapkan selamat kepada pengurus FPK yang baru. Dia mengungkapkan, bahwa pemerintah daerah wajib mengoptimalkan tugas dan fungsi forum-forum yang ada di Kabupaten Kapuas, terutama dalam membina, memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat terhadap kemungkinan timbulnya ancaman keutuhan bangsa.

    “Dengan terbentuknya Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Periode Tahun 2017 – 2020, kita berharap besar agar dapat meningkatkan keharmonisan, saling menghormati diantara anggota masyarakat dari berbagai ras, suku, budaya dan etnis,” ungkapnya.

    Kepada forum ini, dalam menjalankan perannya sebagai partner pemerintah dituntut untuk selalu mengambil sikap selalu arif dan bijaksana, selalu mengambil keputusan dengan tidak tergesa-gesa, dan mendiskusikan dengan semua kelompok dan pemerintah yang akan membantu sesuai dengan kemampuan baik moril maupun materil.

    “Saya menyampaikan terima kasih kepada pengurus FPK Periode 2012 – 2015 yang telah bekerja maksimal pada tahun-tahun lalu dalam upaya melestarikan nilai sosial budaya, mengembangkan kehidupan demokrasi, melindungi masyarakat, menjaga persatuan dan kesatuan serta keutuhan NKRI khususnya di daerah Kabupaten Kapuas,” terang Rianova.

    Sebelumnya, Kepala Badan Kesbangpol Kapuas, Drs IDG Oka Ariawan, menjelaskan maksud pengukuhan FPK ini adalah sebagai wadah informasi, komunikasi, konsultasi dan kerjasama antara warga masyarakat yang diarahkan untuk menumbuhkan, memantapkan, memelihara dan mengembangkan pembauran kebangsaan.

    “Tujuannya untuk mendorong terwujudnya pembauran kebangsaan guna memperkokoh integritas nasional serta menegakkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) perlu diselenggarakan Forum Pembauran Kebangsaan di daerah,” ujarnya.

    Untuk diektahui, turut hadir pada pengukuhan itu perwakilan dari Forkopimda Kapuas, Kepala SOPD Lingkup Pemkab Kapuas, tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat serta undangan.

    (irfan/beritasampit.co.id)