Dana Bersumber dari APBN, Dialokasikan Pemkab Katingan Untuk 3 Program ini

    KASONGAN – Selama tahun anggaran 2017, Pemerintah Kabupaten Katingan menerima dan melaksanakan beberapa tugas pembantuan melalui beberapa organisasi perangkat daerah kabupaten Katingan dengan dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), yakin untuk 3 program ini yaitu proram Bidang Kesehatan, Bidang Pertanian dan Bidang Penanggulangan Bencana Daerah.

    Demikian pidato pengantar Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Katingan tahun anggaran 2017, yang diwakilkan oleh Sekda Katingan, Drs.Nikodemus, pada rapat paripurna ke 4 masa persidangan II DPRD Katingan, diruang paripurna setempat, belum lama ini.

    Dirinya menerangkan, dalam pengantar LKPj tersebut, bahwa untuk bidang kesehatan ini, tugas pembantu dilaksanakan melalui Dinas Kesehatan, dengan program penyediaan dana operasional Puskesmas, Puskesmas pembantu, Polindes, Poskesdes san sarana kesehatan lainnya sebesar Rp. 7 Miliar 989 Juta 729 Ribu Rupiah, yang terealiasi sebesar Rp. 7 Miliar 230 Juta 340 Ribu 50 Rupiah, dengan instansi pemberi tugas pembantu, depertemen kesehatan republik indonesia.

    Di Bidang Pertanian ini, tugas pembantuan yang diterima dan dilaksanakan oleh Dinas Pertanian, dengan program penyediaan, pengembangan prasarana dan sarana serta program perlindungan lahan pertanian, sebesar 19 Miliar 200 Juta Rupiah, yang terealisasi sebesar Rp. 19 Miliar 200 Juta Rupah, dengan instansi pemberi tugas pembantuan, Kementrian Pertanian.

    “Kemudian, Di bidang Penanggulangan Bencana Daerah ini, dalam tugas pembantunya yang diterima dan dilaksanakan melalui Badan Penangggulangan Bencana Daerah, berupa siaga darurat banjir, perpanjangan siaga darurat bencana banjir, serta siaga darurat kebakaran hutan dan lahan sebesar Rp. 539 Juta 515 Ribu Rupiah, dengan realisasi sebesar Rp. 539 Juta 515 Ribu Rupiah atau 100 persen, dan instansi pemberi tugas pembantuan adalah Badan Penanggulangan Nasional Penanggulangan Bencana Republik Indonesia,” terang Nikodemus.

    Lanjutnya, untuk tugas pembantu yang diberikan berdasarkan dari sumber APBD Kabupaten Katingan berupa penguatan keuangan desa dalam rangka menyalurkan alokasi dana desa sebesar Rp.78 Miliar 217 Juta 914 Ribu 355 Rupiah, dengan penerimaan alokasi dana desa di kabupaten katingan berjumlah 154 desa dengan klasifikasi Desa (A) berjumlah 6 Desa, (B) berjumlah 11 Desa, (C) berjumlah 36 Desa, dan (D) berjumlah 101 Desa.

    ” Kita menyadari bahwa sedikit atau banyak suatu keberhasilan, sekecil apapun dan seberapa besar kemajuan yang dapat dicapai atau tinggi keinginan yang dapat terwujudkan dalam hakekatnya adalah merupakan rasa, karya, kerja keras, semangat dan partisipasi dari segenap komponen masyarakat di katingan,” pungkasnya.

    (ar/beritasampit.co.id)