7.257 Siswa Sekolah Dasar Ikuti USBN Tahun 2018

    KUALA KAPUAS – Pada tahun 2018 ini, sebanyak 7.257 siswa sekolah dasar di Kabupaten Kapuas bakal mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Dengan siswa 3.735 orang dan siswi 3.522 orang.

    Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, Drs Ilham Anwar, melalui Kabid Pendidikan Dasar, Muhammad Hassan, kepada sejumlah awak media di ruang kerjanya, belum lama ini.

    “Tahun ini, siswa SD yang ikut USBN berjumlah 7.257 orang. Pelaksanaannya dari tanggal 3 – 5 Mei 2018,” ujarnya.

    Diterangkan Hassan, mata pelajaran yang diujikan, diantaranya Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam. Sedangkan IPS, PKN dan Agama masuk dalam ujian sekolah.

    “Untuk hasil USBN memang tidak menentukan kelulusan siswa, namun nilai ujian ini akan menentukan atau pertimbamgan diterima atau tidaknya siswa memasuki jenjang pendidikan diatasnya,” ungkapnya.

    Dalam menghadapi USBN ini, dia menghimbau sekolah-sekolah untuk mengunduh atau mempersiapkan kisi-kisi ujian untuk latihan siswa di sekolah maupun di rumah.

    “Pihak sekolah kita imbau mengadakan les atau kegiatan belajar tambahan lainnya. Dalam persiapan ini, sekolah juga telah menggelar tryout dan untuk para orang tua diharapkan untuk memantau dan mendorong anaknya agar giat belajar,” tukas Hassan.

    (irfan/beritasampit.co.id)