Kepala Staf Kodam XII/Tanjungpura, Lantik dan Sumpah Prajurit Tamtama TNI AD Gelombang Dua

    SINGKAWANG – Menjadi seorang Prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) merupakan suatu kehormatan sekaligus kebanggaan. Karena mendapat kemampuan teknis kemiliteran yang tidak dimiliki oleh semua orang bahkan taruhan jiwa raga untuk menjaga tetap tegaknya kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

    Demikian dikatakan Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi pada amanat penutupan pendidikan pertama Tamtama TNI AD gelombang II Tahun Anggaran 2017 (OV), yang dibacakan oleh Kepala Staf Kodam (Kasdam) XII/Tanjungpura Brigadir Jenderal TNI Sulaiman Agusto, S IP M M, sebagai Irup, dilaksanakan di Lapangan Sapta Marga, Rindam XII/Tanjungpura, Singkawang, Sabtu (7/4/2018).

    Lanjut Panglima Kodam XII/Tanjungpura menyampaikan, bahwa sebanyak 365 Prajurit yang baru dilantik dan disumpah telah dididik selama 20 bulan dengan berbagai macam materi kemiliteran yang diberikan diantaranya, bidang sikap dan perilaku, pengetahuan dan keterampilan, meliputi dasar keprajuritan untuk golongan tamtama serta memiliki jasmani yang samapta.

    Selain itu, Panglima Kodam XII/Tanjungpura menegaskan, bahwa sebagai prajurit TNI AD dituntut agar dapat menyesuaikan diri dengan alam pikiran dan kehidupan prajurit, yaitu dengan cara senantiasa menunjukkan sikap dan perilaku yang berpedoman kepada nilai-nilai dasar yang terkandung dalam Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan Delapan Wajib TNI.

    “Pegang teguh dan dijadikan sebagai landasan moral dalam menjalankan pengabdian kepada bangsa dan negara yang kita cintai, sehingga dalam pengabdian dimanapun bertugas dan berada selalu dalam koridor sebagai Prajurit TNI AD yang dapat dibanggakan dan menjadi tauladan bagi masyarakat sekitarnya,” tegasnya.

    Panglima Kodam XII/Tanjungpura mengingatkan kepada seluruh Prajurit Dua yang baru dilatik, bahwa seluruhnya akan menempuh pendidikan lanjutan tahap II di kecabangan masing-masing. Namun bagi Prajurit yang masuk dikecabangan Infanteri akan melaksanakan pendidikan di Rindam XII/Tanjungpura, sedangkan untuk kecabangan non Infanteri akan melanjutkan pendidikan tahap II di Pusdik sesuai kecabangannya.

    “Jaga fisik dan siapkan mental agar dapat mengikuti pendidikan tahap II dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan dan dibanggakan oleh keluarga, masyarakat serta bangsa dan negara,” pesan Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi.

    Diakhir amanatnya Panglima Kodam XII/Tanjungpura menyampaikan terimakasihnya dan penghargaan atas kerja keras dalam menyelenggarakan pendidikan kepada Danrindam XII/Tanjungpura beserta staf, para Guru Militer dan para Pelatih. Juga harus adakan evaluasi dan kaji ulang secara mendalam terhadap penyelenggaraan pendidikan ini, agar segala kekurangan dapat disempurnakan pada penyelenggaraan pendidikan berikutnya.

    (Rilis/Kodam XII/Tanjungpura/forberitasanpit.co.id)