Sekolah di Katingan Diminta Lakukan Try Out UMPTN

    KASONGAN – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Ignatius Mantir L Nussa, mengatakan, bahwa sudah saatnya Katingan lakukan Try Out Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UMPTN).

    Pesertanya, semua Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Madrasyah Aliyah (MA) se- Kabupaten Katingan.

    “Apalagi salah satu visi Kabupaten kita adalah Katingan Cerdas,” terangnya, Senin (9/4/2018).

    Sedangkan anggarannya, menurut dia, bisa menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan bisa pula dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Katingan.

    Lanjutnya, Katingan ini juga merupakan Kabupaten yang baru dimekarkan 15 tahun yang lalu, sehingga masalah pendidikan untuk mengejar peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Katingan sangat dibutuhkan, dan diharapkan bisa setara dengan Kabupaten dan Kota lainnya yang sudah maju.

    “Jika Pemerintah daerah mempunyai rencana untuk menerapkan try out memasuki UMPTN, selaku wakil rakyat, saya sangat mendukung, sepanjang dana dari Pemerintah Kabupaten Katingan mencukupi,” ucap legislator PDI Perjuangan ini.

    Karena, sambung Mantir, pendidikan adalah suatu kebutuhan dasar untuk memajukan pembangunan di bumi Penyang Hinje Simpei ini, dengan tujuan saat memasuki UMPTN bisa lulus dan diterima di PTN, baik di Universitas Negeri mapun di Institut Negeri.

    “Sehingga ketika lulus dari bangku kuliah tidak sekedar lulus saja, tapi dengan kelulusan yang benar-benar berkualitas dan dapat mempertanggung jawabkan gelar yang disandangnya di kemudian hari,” terangnya.

    Begitu pula dengan angka kelulusan, menurutnya dari sisi kuantitas memang diharapkan lulus 100 persen, namun lebih berharap lagi dari sisi kualitas kelulusannya.

    “Maksudnya, meskipun angka kelulusan kurang dari 100 persen, tapi kualitas kelulusannya bisa bisa ditingkatkan,” harapnya.

    Terkait dengan try out dimaksud, baru-baru tadi dirinya mendapat surat dari ketua parpolnya yang ada di tingkat pusat.

    “Mereka minta kepada kami agar memprogramkan try out UMPTN dimaksud bagi semua sekolah di tingkat SMA. SMK dan MA di Katingan,” terang anggota dewan asal daerah pemilihan (dapil) Katingan III yang meliputi wilayah kecamatan Katingan Tengah hingga Bukit Raya ini.

    Selain itu, menurutnya, Katingan sudah mendapat surat dari pimpinan DPP PDI perjuangan, sehingga pengurus PDC PDI Perjuangan Kabupaten Katingan pun akan memprogramkan try out UMPTN dimaksud terhadap siswa SMA-SMK dan MA di Katingan, khususnya siswa yang sudah duduk di kelas III, yang akan menghadapi UNBK dimaksud.

    “Try Out dimaksud adalah untuk memasuki Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Tujuannya, saat berlomba untuk memasuki PTN bisa lulus dengan hasil yang memuaskan, dan mendapatkan jatah di PTN,” jelasnya.

    Namun, sebelum program ini dilaksanakan, dirinya bersama pengurus di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dan di Kabupaten Katingan mulai sekarang melakukan penjajakan dan mempersiapkan segala persyaratan yang dibutuhkan untuk pelaksanaannya.

    “Khusus persiapan sarana dan prasarana dimaksud, seperti gedung atau tempat try out dan komputer serta fasilitas lainnya yang benar-benar dibutuhkan untuk pelaksanaan tersebut,” pungkas Mantir.

    (ar/beritasampit.co.id)