Bapemperda DPRD Kalteng Kaji Banding ke DPRD Kota Malang Terkait Raperda Penanggulangan Bencana

307
Foto bersama saat di Kantor DPRD Kota Malang.

PALANGKA RAYA – Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kalimantan Tengah melakukan kaji banding di Kota Malang, Surabaya, Selasa (10/4/2018). Kunjungan kerja di Kota Malang untuk menghimpun data dalam pembuatan Raperda tentang Penanggulangan Bencana.

“Ada kemiripan antara kalteng dengan malang, sehingga dapat mengakomodir semua permasalahan-permasalahan yang terjadi di 14 kabupaten/kota yang kita miliki, sebab kota malang sudah memiliki Perda Nomor 1 Tahun 2017 tentang Penanggulangan Bencana,” ucap Ketua Bapemperda DPRD Kalteng, Faridawaty Darlan Atjeh saat dikonfirmasi via Facebook.

Baca Juga:   Ini Kata Anggota DPRD Kalteng Terkait Perombakan Pejabat di Pemprov

Selain itu juga, bencana di Kalimantan Tengah bukan merupakan daerah yang memiliki banyak titik rawan bencana alam dan bencana yang sering terjadi bersifat musiman atau sesaat.

Anggota DPRD Kalteng dari Dapil Kalteng I yang meliputi, Kabupaten Katingan, Gunung Mas dan Kota Palangka Raya ini mencotohkan bencana yang sering terjadi dan hanya sesaat, yaitu banjir yang dapat surut dalam hitungan hari bahkan jam, dan kebakaran kecuali bencana kebakaran hutan dan lahan.

“Jadi kita lebih concern pada bagaimana mekanisme Pencegahan dan Penanggulangan dan penganggaran untuk pemberian atau penyaluran bantuan kepada masyarakat yg terdampak bencana (korban bencana),” ucapnya.

Baca Juga:   Jelang Pemilu, DPRD Kalteng Desak Pemerintah Selesaikan Perekaman E-KTP

“Dan juga bagaimana cara melibatkan pihak swasta dan masyarakat dalam hal tersebut juga tentang pembentukan tim reaksi cepat,” tutupnya.

Untuk diketahui, dalam kunker itu ia didampingi Wakil Ketua Bapemperda H Anderiansyah, dan anggota HM Rizal, Ergan Tunjung, dan Hj Nataliasi.

(nt/beritasampit.co.id)

Komentar Facebook

comments