Kontingen Katingan yang Ikuti FBIM di Kapuas Diminta Terus Berlatih

    KASONGAN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan memberikan apresiasi rencana pengiriman kontingen Katingan yang akan mengikuti Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) tingkat Provinsi di Kabupaten Kapuas, pada tanggal 1 hingga 6 Mei 2018 mendatang.

    Demikian yang dikatakan anggota DPRD Katingan, Lantejul, Selasa (10/4/2018).

    Menurutnya, ia merasa yakin dengan diikutinya semua cabang yang diperlombakan yang diikuti kontingen Kabupaten Katingan akan berpeluang besar menjadi juara umum dalam FBIM tersebut.

    “Tidak seperti di tahun-tahun yang lalu, lantaran tidak mengikuti semua cabang yang diperlombakan, sehingga hanya cabang-cabang lomba saja yang bisa kita raih kejuaraannya, seperti cabang lomba tari-tarian daerah pedamalam, karungut, balogo dan lain sebagainya,” ucapnya.

    Lanjut Lantejul, agar bisa memperoleh juara umum, dirinya meminta dengan sangat kepada semua peserta di sejumlah sanggar yang ikut serta dalam FBIM, agar melakukan latihan mulai sekarang.

    “Sedangkan kepada pembina dan pelatih di masing-masing sanggar agar jangan bosan-bosannya melakukan pembinaan dan pelatihan. Sehingga kemenangan dan kejuaraan bisa terwujud. Karena, tanpa dibina dan dilatih, mustahil bisa menjadi juara,” jelas legislator Partai Gerindra ini.

    Terpisah, Megawatie, pemilik sanggar Turus Pambelum yang ikut serta dalam kontingen FBIM tingkat Provensi di Kabupaten Kapuas pada tanggal 1 Mei 2018 mendatang saat dikonfirmasi, kepada Tabengan mengaku siap untuk menurunkan penari-penarinya untuk berlomba di FBIM mendatang. Karena sudah dipersiapkan sejak dua bulan yang lalu.

    Hal ini menurutnya dibuktikan dengan melakukan berbagai pembinaan dan pelatihan yang dilakukan setiap malam, sejak pukul 19.00 hingga 21.30 WIB.

    “Kami sudah melakukan pembinaan dan pelatihan selama dua bulan kepada penari-penari kita. Bukan saja latihan tari daerah pedalaman saja, tapi berbagai tari-tarian dan kerungut,” tukasnya.

    (ar/beritasampit.co.id)