SOPD Utus Eselon IV Dampingi Kegiatan Kunjungan Dewan, Edy Rosada : Kami Kadang Kesal

353
Anggota DPRD Kalteng, H Edy Rosada

PALANGKA RAYA – Anggota DPRD Kalimantan Tengah merasa heran dengan dengan sikap Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) di Lingkungan Pemprov Kalteng dalam hal mengutus Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam pendampingan kunjungan keluar daerah maupun dalam daerah yang tidak memahami serta menguasi program.

Hal ini disampaikan Anggota DPRD Kalteng dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Edy Rosada, kepada wartawan di ruang kerja Komisi B DPRD Kalteng, Selasa (10/4/2018)

“Kami kadang kesal kalau lihat pendamping dari SOPD. Karena pejabat yang dikirim malah jabatannya setingkat kasi, ditanya ini itu, tidak bisa menjawab lagi. Parahnya lagi, ada beberapa kali diminta memberikan pemaparan, malah tidak bisa. Benar-benar buat kesal,” ungkapnya.

Baca Juga:   Dewan Menduga Adanya Maladministrasi dalam Proses Evaluasi Tenaga Kontrak di Pemprov

Anggota Komisi B DPRD ini menyebut, pendamping SOPD yang berkompeten bertujuan untuk melihat sejauh mana perkembangan maupun dampak dari berbagai program yang telah dilaksanakan SOPD.

Sedangkan untuk kunjungan keluar daerah untuk melihat sekaligus mendapatkan gambaran keberhasilan program yang telah dilaksanakan pemerintah provinsi lain, sehingga bisa menjadi acuan bagi SOPD di lingkungan Pemprov Kalteng dalam memberikan pelayanan maupun mempercepat pembangunan.

“Kita ini kan hanya mengerti gambaran secara luas karena memang fungsinya sebagai pengawas. Berbeda dengan eksekutif yang memang sebagai fungsi teknis, jadi lebih menguasai persoalan di lapangan,” ucap Anggota DPRD dari Dapil Kalteng I yang mliputi, Kabupaten Katingan, Guning mas, dan Kota Palangka Raya.

Baca Juga:   Pemprov Diminta Tingkatkan Pengadaan Bibit Bawang Merah

“Jangan mengutus pejabat eselon IV yang tidak mengerti program dan persoalan di lapangan. Anggota DPRD itu bukan pejabat eselon V, sehingga yang cukup didampingi pejabat eselon IV. Kita minta ini perlu diperhatikan kepala SOPD,” tegasnya.

(nt/beritasampit.co.id)

Komentar Facebook

comments