Kapuas Bina Kafilahnya Hadapi MTQ Tingkat Provinsi Kalteng

    KUALA KAPUAS – Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Kapuas menggelar pembinaan dan pelatihan peserta Musabqah Tilawatil Quran (MTQ) XXIX Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, bertempat di Aula Hotel Permata Inn, Kota Kuala Kapuas, Selasa (10/3/2018).

    Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Ketua panitia pembinaan dan pelatihan peserta kafilah Kabupaten Kapuas H Taufiqurrahman BA.

    Ia mengungkapkan, pembinaan dan pelatihan ini penting untuk persiapan yang dilakukan dalam mengasah ilmu para kafilah, dan juga mengasah mental. Agar, kata dia, peserta dapat tampil dengan maksimal pada MTQ tingkat Provinsi Kalteng di Pulang Pisau mendatang.

    “Pembinaan dan pelatihan mutlak diperlukan untuk kesiapan maksimal para peserta di MTQ tingkat provinsi, agar para peserta bisa menghasilkan kejuaraan yang kita dambakan,” terang Taufiq, dalam rilis yang diterima beritasampit.co.id, Rabu (11/4/2018).

    Kepada para pembina, lanjutnya, agar dapat menggunakan waktu yang singkat ini dengan sebaik-baiknya. Bukan hanya memberikan ilmu mengenai materi yang akan dilombakan, tetapi juga memperkuat mental para peserta agar tampil dengan percaya diri.

    “Sehingga para peserta dapat bertambah ilmu dan pengetahuannya, sekaligus juga membekali mereka dengan mental yang kuat untuk menghadapi MTQ tingkat provinsi. Juga perlu motivasi yang tinggi untuk dapat memberikan penampilan yang terbaik,” pintanya.

    Sementara itu, Sekretaris panitia pelaksana, Nasrullah SHi, menjelaskan, pelaksanaan MTQ Kalteng berlangsung mulai dari tanggal 12 – 21 April 2018, dan dijadwalkan tanggal 14 April 2018 malam akan dilakukan pembukaan MTQ oleh Gubernur Kalteng.

    “Kafilah Kabupaten Kapuas rencananya akan diberangkatan Kamis tanggal 12 April 2018, dan dilepas langsung oleh Pjs Bupati Kapuas di Rujab Bupati Kapuas. Kepada seluruh peserta agar bisa mempersiapkan diri karena pelaksanaan kegiatan MTQ tingkat Provinsi ini cukup panjang,” ujarnya.

    Pembinaan dan pelatihan kafilah ini, lanjut Nasrullah, dilaksanakan sejak tanggal 9 sampai 12 April 2018.

    Untuk diketahui, peserta/kafilah asal.Kapuas berjumlah 42 orang. Yang mana, utusan ini merupakan juara pertama pada MTQ tingkat Kabupaten Kapuas yang dilaksanakan di Palingkau, Kecamatan Kapuas Murung lalu.

    Kategori yang diikutkan diantaranya, tilawah anak putera puteri, tilawah dewasa putera puteri, Qira’at Saba’ah putera puteri, Hifzhil Qur’an putera puteri, Khat naskah, hiasan, dekorasi, kontemporer putera puteri, fahmil qur’an putera puteri, syahril Qur’an putera puteri, tafsir bahasa Indonesia, dan bahasa Arab.

    (irfan/beritasampit.co.id)