38 Guru Kapuas Tengah Ikuti Kursus Mahir Dasar Pramuka

    KUALA KAPUAS – Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Kapuas Tengah menggelar kursus mahir dasar, bertempat di Desa Dusun Tumbang Mamput, Desa Barunang, Kecamatan Kapuas Tengah, Kabupaten Kapuas.

    KMD yang diikuti 38 guru dari kecamatan setempat berlangsung selama enam hari, terhitung sejak tanggal 9 April 2018.

    Pada pembukaan KMD itu, dalam sambutan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Kapuas Rianova SH, yang dibacakan Wakil Ketua Hj Deny Widanarni SE MAB mengajak seluruh peserta agar berperan aktif dalam membentuk karakter anak dan pemuda Indonesia.

    “Gerakan Pramuka bertujuan membentuk setiap Pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa. Guru yang telah mengikuti KMD diharapkan semakin meningkat kesukarelaannya sebagai Pembina Pramuka dalam membentuk karakter dan kecakapan hidup kader bangsa,” ucapnya.

    Wanita yang juga Staf Ahli Bupati Kapuas menambahkan, jika seorang guru sebagai peserta KMD berarti telah mengikuti pendidikan penjenjangan paling dasar sebagai Pembina Pramuka.

    “Jika selama ini Kakak-kakak telah aktif membina Pramuka di pangkalan/sekolah, saya harapkan setelah mengikuti KMD ini sudah tentu akan semakin meningkat lagi baik dari segi kualitas, kuantitas maupun kesukarelaannya sebagai Pembina Pramuka,” ungkapnya.

    Sebelumnya, Pengurus Kwaran Kapuas Tengah, Mujiono SPd melaporkan yang ikut KMD itu sebanyak 38 guru, terdiri dari giru SD, SMP, dan SMA se Kecamatan Kapuas Tengah. KMD dilaksanakan selama enam hari, sejak pagi hingga malam hari berada dalam kehidupan perkemahan mengikuti kursus. Sedangkan pemateri kursus sebanyak 15 Pelatih dari Pusdiklatcab Kapuas.

    “Hampir seluruh biaya pelaksanaan keikutsertaan peserta dan kursus dibantu oleh PT Asmin Bara Baronang. Saya mewakili seluruh peserta dan Gerakan Pramuka Kapuas menyampaikan terima kasih atas bantuannya sehingga KMD yang baru pertama kali di Kapuas Tengah ini dapat terlaksana,” terangnya.

    Masih ditempat yang sama, Rustam Effendi dari unsur Pimpinan PT Asmin Bara Baronang menyatakan rasa bangganya karena dengan susah payah para Pelatih Pusdiklatcab Kapuas maupun Peserta KMD dapat melihat dari dekat perusahaan yang bergerak di bidang batubara di tengah belantara Kalimantan Tengah.

    “Terselenggaranya kursus ini berkat semangat para Pembina Pramuka untuk meningkatkan kompetensi dan kesukarelaannya dalam menumbuhkan tunas-tunas bangsa yang berkualitas. Bantuan yang kami berikan adalah salahsatu wujud dari kepedulian perusahaan terhadap perkembangan pendidikan. Kedepan harapan kami peserta kursus dapat melanjutkan ke jenjang Kursus Mahir Lanjutan,” ucap Rustam

    Terpisah, Sekretaris Kwarcab Pramuka Kapuas Dr H Suwarno Muriyat selaku Pelatih Pembina Pramuka Kapuas mengutarakan, sebelumnya kursus sejenis telah dilaksanakan di Kecamatan Timpah diikuti sebanyak 36 peserta. Setelah Kapuas Tengah 38 peserta akan segera menyusul KMD di Kapuas Hulu.

    “Semakin banyak guru atau masyarakat yang mengikuti pendidikan penjenjangan dalam kepramukaan berupa KMD, KML, KPD dan KPL maka kualitas dan kuantitas kepramukaan akan semakin meningkat sebagai Pembina Pramuka pembentuk sumber daya manusia pembangun bangsa dan negara,” singkat H Suwarno.

    (irfan/beritasampit.co.id)