Ini Tanggapan Prof Danesh Selaku Moderator Debat Publik Pertama Pilkada Seruyan

233
Foto : Foto bersama Prof Danesh (jas hitam) dengan 3 Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Seruyan

KUALA PEMBUANG – Dipandu moderator Prof Danesh Djayanegara, seluruh paslon diminta untuk memaparkan visi dan misinya kepada publik. Debat yang berlangsung lima sesi itu memakan waktu sekitar tiga jam.

Usai debat ketika diwawancarai sejumlah media, Danesh yang juga Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Palangka Raya (UPR) mengatakan, sepanjang debat dengan ketiga calon Bupati berjalan dengan baik.

Semua Paslon katanya, cukup memahami bagaimana kondisi faktual di Kabupaten Seruyan, memahami persoalan daerah apa saja yang menjadi kebutuhan prioritas di Seruyan baik infrastruktur, sosial budaya dan pembangunan-pembangunan kewilayahan.

Terkait kesesusaian jawaban para Paslon dengan pertanyaan, Danesh mengatakan masih ada beberapa jawaban yang masih harus digali lebih jauh, terutama dari sisi pendidikan, karena indikator kemajuan daerah ditentukan oleh pendidikannya.

Baca Juga:   Ada Pelanggaran Pemilu, Masyarakat Diminta Berani Melaporkan

“Pendidikan sangat perlu untuk pengembangan SDM di Kabupaten Seruyan,” ujarnya.

Danesh menjelaskan, Seruyan adalah salah satu daerah pemekaran yang memang harus banyak mendorong agar sejajar dengan kabupaten lain di Kalteng. Salah satunya kata Danesh, yang harus segera didorong adalah keberadaan pelabuhan Segintung yang bisa menjadi pintu gerbang kemajuan ekonomi di Kabupaten Seruyan.

“Artinya apa? kalau pelabuhan Segintung sudah fungsional, maka pengangkutan minyak kelapa sawit (Crude Palm Oil), serta keputusan lain khususnya di wilayah Kalimantan Bagian Barat dan Tengah posisinya bisa melalui Segintung, Itu salah satu pendorong terbesar di Kabupaten Seruyan,” terangnya.

Baca Juga:   Reson Rusdianto: "RSUD Kuala Pembuang Akan Berikan Layanan Cepat Dan Mudah"

Sementara Ketua KPU Seruyan Agus Sukron Ma’mun menyatakan, apa yang di paparkan oleh Paslon dipertanggungjawabkan kepada masyrakat dan tuhan.

Oleh karena itu, semua paslon diminta untuk menunjukan sikap seorang pemimpin yang jujur dan amanah terhadap kepercayaan yang nantinya akan diberikan masyarakat saat hari pemilihan atau pencoblosan.

Agus menjelaskan, proses pelaksanaan tahapan Pilkada Seruyan 2018 berjalan lancar, mulai dari pencalonan hingga saat ini. Dalam masa kampanye, KPU telah mneyusun jadwal yang adil, dimana semuanya diatur sedemikian rupa dan disetujui oleh semua paslon.

“Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam membantu mengamankan Pilkada Seruyan ini,” terangnya.

(rdi/beritasampit.co.id)

Komentar Facebook

comments