Pemkab Katingan Harapkan Peserta Kafilah MTQ Bisa Tampil Terbaik

87
Keterangan foto : AR/BS - Pjs. Bupati Katingan Drs. Suhaemi saat melepas peserta Kafilah MTQ Katingan ‎

KASONGAN – Pejabat sementara (Pjs) Bupati Katingan, Drs Suhaemi, didampingi Sekda Katingan Drs. Nikodemus, melepas keberangkat peserta kafilah Musabaqah Tiwatil Qur’an (MTQ) Kabupaten Katingan untuk mengikuti MTQ ke 39 tingkat Provinsi Kalimantan tengah di Pulang Pisau.

Pelepasan sebanyak 77 orang peserta yang terdiri dari ofisial 34 dan 43 orang, dilaksanakan di kantor LPTQ setempat, Kamis (12/4/2018).

Pjs Bupati Katingan Drs Suhaemi mengharapkan kafilah ini bisa tampil yang terbaik, namun perlu diingat bahwa tujuan sebenarnya bukan piala tetapi bagaimana para kafilah mengamalkan, mempelajari, mempresentasikan nilai-nilai, serta makna yang ada dalam kitab suci Al-Quran itu sendiri.

“Yang sebanarnya adalah bagaimana kita memaknai kandungan dan isi dalam kitab suci Al-Qur’an tersebut bisa kita terapkan didalam kehidupan sehari-hari. Kemudian kita tau bahwa dari awal persiapan dari tingkat kecamatan, hingga kabupaten, kegiatan ini dilaksanakan penyelenggaraannya adalah dengan partisipasi semua pihak bahkan semua agama untuk menjaga kedamaian,” terangnya.

Baca Juga:   Bupati Katingan Harapkan Penyuluh Pertanian dan Perikanan Katingan Bekerjasama

Lanjutnya, pemerintah daerah dan seluruh masyarakat katingan memberikan dukungan sopot. Karena kafilah ini yang berangkat kesana membawa nama katingan, membawai nama baik Kabupaten, membawa nama masyarakat katingan. “Jaga kesehatan, jangan begadang dan sebagainya, dan jaga kondisinya apalagi ini musim hujan,”pungkasnya.

Di tempat yang sama, Ketua panitia, Kabul Mustiman mengatakan, bahwa peserta kafilah MTQ kabupaten katingan ini, terbentuk dari hasil seleksi MTQ ke-13 tingkat kabupaten yang dilaksanakan pada Februari waktu lalu.

Menurutnya, jumlah keseluruhan peserta kafilah mengikuti MTQ ke 39 tingkat provinsi Kalteng ini ada sebanyak 77 orang yang terdiri dari ofisial 34 orang dan peserta 43 orang.

Dari 7 cabang lomba hampir semua diikuti yakni Tilawah, Syahril, Fahmil, Khatil, MMQ, Tahfidz, Tafsir dan Qu’raat Sab’ah. Tetapi hanya cabang Tahfis yang 30 zus putri yang tidak bisa ikuti dan ‎Tafsir bahasa indonesianya.

Baca Juga:   WOW...Bandar Zenith Hampalit, Akhirnya Ditangkap Polisi

“Selanjutnya kita ikuti semua cabang lomba yang dilaksanakan oleh panitia. Disamping itu juga kegiatan di MTQ ke 39 ini juga ada kegiatan pameran dan pawai hias,” terangnya.

Lanjutnya, untuk acara pawai ta’aruf dilaksanakan pada tanggal 14. dihari yang sama juga langsung pembukaan pameran yang di buka oleh Gubernur Kalteng. Kemudian pada malam harinya pembukaan pelaksanaan MTQ ke 39 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

“Harapan mudah-mudahan kafilah MTQ ke 39 Katingan ke tingkat Provinsi Kalteng yang dilaksanakan di Kapuas tahun ini, dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan tersebut bisa tampil maksimal dan mudah -mudahan juga kita bisa diberikan yang terbaik untuk kabupaten katingan ini,” pungkasnya.

(ar/beritasampit.co.id)

Komentar Facebook

comments