Dinas Kesehatan Minta Masyarakat Terbuka Saat Petugas Riskesdas Mendata

134
Foto : ENN/BS - Petugas Kesehatan Sukamara dan Riskesdas saat melakukan pendataan kesehatan disalah satu rumah tangga sasaran, Kamis (12/4/2018).

SUKAMARA – Plt Kepala Dinas Kesehatan Sukamara, Chaeruddin mengharapkan peran aktif masyarakat dalam menyukseskan program Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) yang berlangsung selama 40 hari.

Dukungan masyarakat sasaran risert yang diharapkan pihaknya adalah dengan aktif memberikan jawaban yang sebenar-benarnya saat petugas enumerator riskesdas melakukan pendataan.

“Sudah ada surat edaran bupati yang ditujukan kepada camat dan kepala desa untuk menghimbau agar masyarakat membantu petugas yang melakukan riset ini,” ucap Chaeruddin saat menghadiri peresmian pasar ikan tradisional di Kelurahan Mendawai, Jumat (13/4/2018).

Baca Juga:   ​Siswa TK Permata Bunda Belajar Gigi Yang Benar

Pasalnya, pihaknya mengkhawatirkan sikap masyarakat yang masih tertutup jika ada petugas datang untuk meminta data kesehatan, sehingga data yang didapat kurang maksimal.

“Khawatirnya masyarakat saat didatangi petugas tidak mau terbuka dan pura-pura sehat, ini yang harus dihindari, kalau memang ada yang mengalami ganguan kesehatan bisa disampaikan apa adanya ke petugas,” terang Chaeruddin.

Sejak Kamis (12/4/2018) 16 petugas enumerator riskesdas yang terbagi dalam empat tim melakukan pengumpulan data kesehatan masyarakat yang nantinya akan dijadikan dasar atau acuan bagi Kementerian Kesehatan untuk memprogramkan pembangunan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

Baca Juga:   Wabup Sukamara Imbau Warganya Bayar Zakat

(enn/beritasampit.co.id)

EDITOR: MAULANA KAWIT

Komentar Facebook

comments