Wow, Ikan Hias Palangka Raya Tembus Pasar Dunia

    PALANGKA RAYA – Kekayaan alam Kota Palangka Raya memang menyimpan sejuta pesona. Salah satunya adalah Ikan hias. Bahkan ikan hias ini berhasil menembus pasar dunia.

    Walikota Palangka Raya, HM Riba Satia mengaku senang karena ikan hias asal Palangka Raya bisa diminati dari luar negeri. “Kita bangga karena ikan hias kita diekspor,” katanya.

    Riban menjelaskan, dengan adanya pangsa pasar di luar negeri, seharusnya menjadi perhatian. Perhatian yang dimaksud Riban adalah menjaga kelestarian ikan hias.

    Dia mengakui bahwa populasi ikan hias dalam waktu ke waktu mengalami penurunan. Hal tersebut disebabkan karena lingkungan.

    “Yang paling penting adalah menjaga lingkungan seperti sungai dan danau tempat ikan kita hidup. Karena itu bisa menjadi rejeki buat kita juga,” katanya.

    Riban meminta kepada instansi terkait untuk membuat program agar potensi kekayaan alam bisa dijaga. “Tapi ini juga perlu dukungan masyarakat kita,” jelasnya.

    Sementara itu Kepala Stasiun Karantina Ikan, Peningkatan Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Palangka Raya, Iromo mengatakan bahwa ekspor ikan hias dilakukan perorangan.

    “Sudah ada beberapa orang perorang yang melakukan ekspor ikan hias. Ini sebenarnya potensi yang dimiliki Kota Palangka Raya,” katanya. (din/beritasampit.co.id)