BPJS Palangka Raya Sosialisasikan JKN-KIS di Katingan Kuala

    PALANGKA RAYA – Mencapai Universal Health Coverage (UHC) program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) pada tahun 2019. BPJS Kesehatan Kantor Cabang Palangka Raya bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan dan Bank Tabungan Negara melakukan sosialisasi kepada 11 desa yang ada di wilayah Kecamatan Katingan Kuala, Kabupaten Katingan.

    Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya, Elke Winasari mengatakan untuk mencapai target tersebut diperlukan upaya dan dukungan dari berbagai pihak, salah satunya adalah dukungan dan peran serta dari pemerintah daerah untuk mewujudkan UHC bagi penduduk di wilayahnya.

    “Kami memang melakukan upaya sosialisasi program JKN-KIS hingga ke desa-desa di wilayah Kabupaten yang susah untuk mendapatkan akses informasi terkait program JKN-KIS. Dengan begitu kami harapkan masyarakat yang telah mendapatkan informasi dapat segera menjadi peserta JKN-KIS sebagai jaminan pelayanan kesehatannya yang selama ini mereka belum mempunyai jaminan kesehatan tersebut,” ungkapnya seperti dalam rilis yang diterima wartawan beritasampit.co.id, Senin (16/4/2018).

    Disela-sela kegiatan sosialisasi yang dilksanakan di desa Jaya Makmur, disampikan juga bahwa saat ini pendaftaran kepesertaan JKN-KIS tidak harus datang ke kantor BPJS Kesehatan, pendaftaran kepesertaan program JKN-KIS bisa dilakukan di rumah masing-masing dengan menggunakan handphone/smartphone, caranya adalah dengan mendownload aplikasi Mobile JKN melalui Playstore/Appstore.

    “Kami juga menghimbau kepada seluruh masyarakat bahwa pendaftaran kepesertaan program JKN-KIS saat ini tidak perlu lagi datang ke kantor BPJS Kesehatan. Cukup melalui aplikasi Mobile JKN di smartphone untuk melakukan pendaftaran secara mandiri dan tidak lagi terkendala jarak yang jauh untuk datang ke kantor BPJS Kesehatan,”Ungkap Elke Winasari.

    Dengan kegiatan sosialisasi yang telah dilaksanakan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya jaminan kesehatan, sehingga masyarakat akan segera menjadi peserta JKN-KIS pada saat sehat dan sebelum sakit.

    Acara sosialisasi program JKN-KIS di Kecamatan Katingan Kuala dihadiri sebanyak 11 desa yaitu desa Kampung Tengah, Singam Raya, Kampung Keramat, Kampung Baru, Bangun Jaya, Makmur Utama, Subur Indah, Bakung Raya, Bumi Subur, Setia Mulia dan desa Jaya Makmur sebagai tuan rumah acara sosialisasi.

    (nt/beritasampit.co.id)

    EDITOR: MAULANA KAWIT