Desa Jihing Ditetapkan Sebagai Kampung Pintar

179
Foto : ENN/BS - Bupati Sukamara, Ahmad Dirman saat sedang menyimak penjelasan petugas operator pelayanan program kampung pintas di kantor Desa Jihing, Senin (16/4/2018).

SUKAMARA – Jargon Pemerintah Kabupaten Sukamara sat ini adalah membagun dari pinggiran yang dapat diartikan fokus pembangunan saat ini adalah dari level terendah yaitu desa atau kampung.

Bupati Sukamara, Ahmad Dirman mengatakan bahwa pandangan kota lebih maju, lebih canggih, lebih. Sejahtera perlu dibalik dengan langkah inovatif seperti menciptkan sentra perekonomian desa melalui kampung pintar (smart village).

“Saya bangga dan apresiasi karena desa Jihing ditetapkan sebagai kampung pintar,” ujar Dirman saat meresmikan kampung pintar di Desa Jihing, Kecamatan Balai Riam, Senin (16/4/2018).

Baca Juga:   Hari ini Pengurus Karang Taruna Sukamara Dilantik

Dirman mengungkapkan bahwa kampung pintar pada dasarnya merupakan kampung mandiri yang memiliki karkter dan potensi kearifan lokal yang bisa dikembangkan untuk menciptakan ataupun meningkatkan produktifas melalui pemberdayaan masyarakat sekitar secara berkelanjutan.

“Predikat desa Jihing sebagai kampung pintar bisa jadi teladan yang dapat dicontoh desa lain di Sukamara,” kata Dirman.

Desa perlu dikembangkan lanjut Dirman, pengembangan desa secar inovatif menuju desa pintar diperlukn progrm terencana dan keterlibtan lintas sektoral sebagai wujud kerjasama.

“Sesuai dengan namanya desa pintar, harus ditopang oleh seluruh komponen yang juga pintar, mulai dari kelembagaan, infrastruktur, pelayanan prima, teknologi dan inovasi sert sosial buday masyarakat,” ucapnya.

Baca Juga:   Bupati Sukamara Minta Warganya Menjaga Kelestarian Laut

“Karena membangun kampung pintar tidak semat-mat pada kecanggihn informasi komuniksi dan teknologi, tapi yang utama dan perlu ditekankan adalah bagaimana konsep kampung pintar ini bisa mengubah kapasitas masyarakatnya dan cara merek berinteraksi,” terang Dirman.

(enn/beritasampit.co.id)

EDITOR: MAULANA KAWIT

Komentar Facebook

comments