Pasar Desa Sebagai Sarana Peningkatan Ekonomi Kerakyatan

255

SUKAMARA – Bupati Sukamara, Ahmad Dirman mengatakan bahwa pasar desa memiliki peran penting sebagai salah satu pendorong, pendukung pembangunan masyarakat desa.

Hal itu diungkapkan orang nomor satu di Bumi Gawi Barinjam, saat meresmikan pasar desa di Desa Jihing, Kecamatan Balai Riam, Senin (16/4/2018).

“Kita dapat mengamati bahwa fungsi dan keberadaan pasar yang seiring perkembangan jman tidak hanya difungsikan sebagai nilai ekonomis saja tapi lebih untuk meningkatkan perekonomian kerakyatan,” ujar Dirman, usai meresmikan pasar desa Jihing.

Baca Juga:   Begini Cara Pemerintah Sukamara, Bangun Rasa Kebersamaan Para Atlet Jelang Porprov 2018 ?

Menurut Dirman, pembangunan pasar desa atau pasar tradisional merupakan upaya dari pemerintah melalui aloksi pendapatan dan belanja desa (APBDes) untuk memberdayakan usaiha ekonomi skala mikro, kecil dan menengah.

“Tujuan lain dari pasar desa ini adalah untuk meningkatkan pendapatan para pedagang, memberikan sarana usaha yang layak bagi pedagang tradisional desa,” terang Dirman.

Dalam kesempatan itu, Dirman juga mengharapkan dengan adanya pasar desa di Desa Jihing akan dapat meningkatkan sarana dan prasarana serta akses pemasaran produk lokal yang juga dapat dijadikan wadah pembelajaran sekaligus memberdayakan masyarakat desa.

Baca Juga:   Gedung Sekolah SDN 2 Mendawai, dan Gedung Guru SMPN 1 Balai Riam Diresmikan

(enn/beritasampit.co.id

EDITOR: MAULANA KAWIT

Komentar Facebook

comments