Pemkab Katingan Konsisten Benahi Pembangunan Kebun Raya Katingan 

86

KASONGAN – Pembangunan dan Pengembangan kawasan Kebun Raya Katingan seluas 102 hektare selalu di genjot pemerintah Kabupaten Katingan. Pasalnya dalam tahap pembangunan dan pengembanganya sejauh ini sudah sekitar 11 hektare yang sudah dibuka dan sedikitnya ada 600 jenis tanaman yang telah dikembangkan di Kebun Raya tersebut.

Pejabat sementara (Pjs) Bupati Katingan Drs Suhaemi mengatakan, bahwa pemerintah daerah akan terus konsisten untuk membenahi dan membangun kebun raya katingan yang pada saat ini sudah memiliki sarana dan prasarana yang sudah berdiri di kawasan tersebut.

“Salah satu bentuk keseriusan itu, saat ini Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kebun Raya Katingan telah diajukan ke pihak DPRD nantinya untuk dibahas bersama,” terangnya belum lama ini.

Menurutnya, pemerintah daerah juga ingin bersinergi dengan pemerintah pusat, terkait perkembangan di dalam kawasan Kebun Raya. Karena, pemerintah daerah juga memang mempunyai program dan kegiatan terkait dalam hal itu.

Baca Juga:   Sekda Katingan : PNS Punya Hak Memilih, Bukan Untuk Ikut Berpolitik Praktis

Namun sejauh ini, menurutnya masih belum berjalan maksimal karena dari sisi anggaran jumlahnya sangat terbatas. “Kedepan kita, akan mulai membenahinya terus-menerus,” ucap Suhaemi.

Sementara, Sekda Katingan Drs.Nikodemus menambahkan, bahwa memang kalimantan tengah termasuk katingan, dulunya diakui kaya akan sumber daya hutan. Namun kekayaaan dimaksud saat ini, adalah yang dikelola dan berkelanjutan sehingga tidak habis.

“Pembangunan kebun raya ini perlu sebuah proses. Kita juga terngantung dengan dengan pemerintah pusat dan kebijakan pimpinan daerah,” terangnya.

Lanjutnya, meski anggarannya kecil, namun tetap di kebun raya ini selalu ada kegiatan. Maka diharapkan dengan terpilihnya kepala daerah yang baru pada tahun 2018 ini, akan ada kebijakan baru dan mungkin pendanaan yang memadai untuk pembangunan kebun raya katingan.

“Bahkan mungkin juga, untuk pengembangan kawasan -kawasan terbuka hijau lainnya yang ada di kabupaten katingan ini,” ucapnya.

Baca Juga:   MANTAP !!!, Pemkab Pastikan Bayar Ganti Rugi Lahan Masyarakat, Kapan Ya...?

Terpisah, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Katingan, Hap Bapperdo mengatakan, saat ini luas Kebun Raya Katingan sekitar 102 hektare. Sekitar 11 hektare yang sudah fungsional, dalam artian sesuai dengan master plane yang sudah ada.

” Dalam kawasan, sudah ada pembagian dan pembangunannya. Ada sekitar 600 jenis yang ditanam disini. Terkait pengembangan kedepan, tentu sangat terkait dengan ketersediaan anggarannya,” tuturnya.

Lanjutnya mengatakan, Road Map sudah ada, tinggal pemerintah kabupaten, pemerintah pusat dan pihak ketiga untuk bersama-sama membangunnya.

“Ketika semua bisa bersinergi dengan baik, maka tinggal menempatkab bangunan-bangunannya saja dan menata kembali. Sehingga harapan kedepan, kebun raya ini betul-betuk bisa menjadi fungsi wisata, pendidikan dan lainnya, ” pungkasnya.

(ar/beritasampit.co.id)

EDITOR: MAULANA KAWIT

Komentar Facebook

comments