Kearsipan Perlu Ditata

    KUALA KAPUAS – Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas Robert L Gerung mengungkapkan perlunya Pemerintah Kabupaten Kapuas melakukan penataan terhadap dokumen atau arsip-arsip yang sudah lama keberadaannya. Mengingat dokumen itu sewaktu-waktu bisa saja dibutuhkan.

    Demikian dikatakannya pada saat rapat dengar pendapat (RDP) gabungan komisi bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas, di ruang rapat gabungan komisi, belum lama ini.

    “Perlunya penataan terhadap arsip atau dokumen yang masih tetap diperlukan sewaktu-waktu. Dengan penataan itu ke depan akan memudahkan kita dalam mencarinya, sehingga tidak kesana kemari, bongkar sana sini,” ujar politikus senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut.

    Kalau tidak tertata, lanjut Robert, tentu akan dapat memperlambat proses pemerintahan. Jadi, menurut wakik rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) V ini penataan arsip cukup penting bagi Pemkab Kapuas.

    “Saya minta kedepannya (kearsipan) ini jadi perhatian kita semua,” tekannya.

    Lanjut Robert, di Kabupaten Kapuas terdapat Dinas Kearsipan dan Perpustakaan. Ia berharap dinas ini bisa dioptimalkan dalam mengumpulkan berbagai macam arsip atau dokumen negara yang ada di masing-masing SOPD lingkungan Pemkab Kapuas.

    “Sehingga jika ada yang kita cari terkait dengan dokumen atau arsip itu tinggal datang dan sebutkan dokumen apa arsip apa kita cari tahun langsung ketemu, jadi mudah,” pungkas Robert.

    (irfan/beritasampit.co.id)