Mengenal lebih dekat Ir Leonard Samuel Ampung (bagian 2)

    Oleh: Maman Wiharja***

    “Program Kerjanya Semakin Diperhitungkan”

    BIASANYA, jika ada sosok pimpinan baik di organisasi perangkat aerah atau Kepala Dinas, maupun pimpinan diluar struktural kedinasan, seperti Polres, Dandim atau Kajari.

    Kalau beliau-beliau ini, saat bertugas cerdas dan bisa mengembangkan program kerjanya, serta bisa beradaptasi dengan lingkungannya, terlebih-lebih ‘akrab’ dengan para wartawan, uniknya sering cepat di ‘mutasi’ (dipindahkan) karena mereka selalu diperhitungkan oleh pimpinannya.

    Seperti halnya sosok Leonard S Ampung, karena beliau saat di Kabupaten Lamandau cukup cerdas bisa mengembangkan program kerjanya. Kemudian dipanggil ke Provinsi Kalteng, sebut saja menjadi Kepala Dinas PU Provinsi Kalteng, karena program kerjanya semakin diperhitungkan oleh Gubernur Kalteng, waktu itu Gubernurnya Agustin Teras Narang.

    Sosok Leonard S Ampung,kelahiran Banjarmasin 15 Maret 1966 saat dipercaya menjadi Kepala Dinas PU Provinsi Kalteng, tentu ‘perahunya’ semakin besar, yang siap harus bisa menerjang gelombang rencana pembangunan, khususnya pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan.

    Pengamatan penulis, karena Leonard S Ampung sebelumnya sudah mengantongi ‘segudang’ pengalaman kerja maka singkatnya, saat awal dirinya menduduki jabatan Kadis PU Provinsi Kalteng, tentu dia sudah memiliki komitmen siap akan meningkatkan pembangunan infrastruktur jalan di “Bumi Isen Mulang” Provinsi Kalteng, sehingga bahtera gelombang infrastruktur pembangunan jalan dan jembatan di Wilayah Provinsi Kalteng,bisa tersentuh oleh program kerjanya.

    Apa yang menjadi modal Leonard S Ampung, bisa mengendalikan perkembangan pembangunan infrastruktur di Provinsi Kalteng. Pengamatan penulis, karena sejak mengabdi jadi Kabid Binamarga Dinas PU Kabupaten Kobar, kemudan dimutasi menjadi Kepala Dinas PU Kabupaten Lamandau, Leonard S Ampung selalu menyarankan kepada semua kontraktor, harus memiliki komitmen antara lain:

    (1) Mentaati semuaperaturan dan ketentuan dalam kontrak kerja.
    (2). Dan kerjakan dengan benar. Dan yang ke (3).Jaga kualitas pekerjaan.

    Saat Leo menjadi Kepala Dinas PU, yang diganti menjadi nama Dinas PUPR Provinsi Kalteng,nampaknya secara bertahap ketiga komitmennya langsung menyetuh kepada para kontraktor/rekanannya di Provinsi Kalteng. Buktinya, selama Leonard S Ampung,mengendalikan proyek Dinas PUPR secara krusial tidak nampak ada masalah.

    “Ketiga komitmen yang saya berikan kepada para kontraktor,selama ini pembangunan infrastruktur di wilayah Provinsi Kalteng,tidak ada masalah bahkan lebih baik,” jawab Leonard saat dialog cukup panjang dengan penulis melalui telepon selularnya, Selasa (17/4/2018) malam. Bersambung…

    (Penulis adalah wartawan senior yang berdomisili di Pangkalan Bun)