Anggaran Pemeliharaan Jalan di Katingan Sangat Kecil

    KASONGAN –Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPRP) Kabupaten Katingan, Alyono mengatakan, bahwa anggaran untuk pemeliharaan jalan dan jembatan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2018 sangat kecil.

    “Dengan dana yang sangat kecil tersebut, bukan untuk memperbaiki jalan dan jembatan yang sedang mengalami kerusakan saja, tapi digunakan juga untuk membiayai penebasan rerumputan di bahu kirin dan kanan jalan yang melindungi jalan bagi pengendara,” terangnya belum lama ini.

    Oleh karena itu, dirinya meminta kepada seluruh masyarakat Katingan agar memaklumi adanya, jika masih ada jalan yang rusak tapi tak sempat untuk diperbaiki. Pasalnya, dana yang diberikan sangat kecil, lantaran memang anggaran terbatas.

    Padahal, seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa pengguna jalan kian tahun bukannya berkurang, tapi semakin bertambah. Sehingga, jalan yang dibangun, khususnya jalan Kabupaten semakin bertambah pula kerusakannya. Ditambah pula dengan semakin bertambahnya pengguna jalan yang menggunakan truck, seperti Perusahaan Besar Sawit (PBS) di beberapa wilayah kecamatan yang termasuk dalam kawasan Kabupaten Katingan.

    “Sedangkan biaya pemeliharaan jalan dan jembatan untuk pemeliharaannya sangat minim. Bahkan, jauh dari harapan,” jelasnya.

    Meskipun hanya sangat kecil untuk biaya pemeliharaan yang dianggarkan di tahun 2018 ini, namun mantan sekretaris Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) ini mengaku enjoi saja untuk melaksanakan perbaikan jalan dan jembatan serta penebasan rerumputan di bahu kiri dan kanan ruas jalan Kabupaten dimaksud. “Sedangkan kerusakan jalan Provinsi yang masuk wilayah Kabupaten Katingan, tetap kami upayakan untuk memperbaikinya juga,” akunya.

    (ar/beritasampit.co.id)