4.260 Siswa SMP Sederajat Ikuti UNBK dan UNKP

    PANGKALAN BUN – Sebanyak 4.260 siswa dari 72 sekolah tingkat SMP/Mts di Kabupaten Kotawaringin Barat, Senin (23/4/2018) mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) tahun ajaran 2017/2018.

    Demi kelancaran pelaksanaan UNBK dan UNKP, Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kobar Aida Lailawati meninjau beberapa sekolah yang melaksanakan UNBK Dan UNKP.

    Ahmadi Riansyah mengakui pada pelaksanaan UNBK ada gangguan pada servernya sehingga terganggu beberapa saat saja.

    “Gangguan itu bukan di Kobar saja melainkan secara Nasional memang ada gangguan sehingga tidak terconek dengan server di pusat, kejadian itu hanya sebentar saja ada yang setengah jam bahkan ada yang satu jam dan bisa berjalan dengan normal lagi, sehingga siswa siswi yang melaksanakan UNBK bisa menyelesaikan soal soalnya dengan lancar,” katanya, Senin (23/4).

    Sementara itu kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kobar Aida Lailawati mengatakan secara keseluruhan total peserta yang ikut dalam ujian nasional sebanyak 4260 peserta yang tersebar di 72 sekolah tingkat SMP/MTs.

    “Di Kobar yang sekolah yang masih melaksanakan UNKP sebanyak 41 sekolah dengan total peserta sebanyak 1.348 peserta, sedangkan yang melaksanakan UNBK sebanyak 2.912 peserta yang tersebar di 31 sekolah baik negeri maupun swasta,” ujarnya.
    Aida mengakui masih adanya sekolah yang melaksanakan UNKP karena memang terkendala aliran listrik maupun Internet.
    “Sebagian besar sekolah SMP satu atap memang belum bisa melaksanakan UNBK karena masih terkendala aliran listrik serta jaringan internet karena posisi sekolah satu atap itu rata rata berada ada di desa desa yang belum teraliri listrik, tetapi untuk logistik untuk UNKP sudah disalurkan sehingga bisa melaksanakan UNKP secara serentak,” tukasnya.

    (man/beritasampit.co.id)