Dukung Penghijaun, Bupati Kobar Gencar Lakukan Penanaman Pohon

    PANGKALAN BUN – Dalam rangka memperingati hari bumi tahun 2018, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat melakukan aksi penanaman pohon di Bundraan Pangkalan Lima Kecamatan Arut Selatan, Minggu (22/4).

    Kegiatan tersebut untuk mensukseskan penanaman satu miliar pohon yang terus digencarkan pemerintah pusat.

    Bupati Kobar Hj Nurhidayah mengatakan, pihaknya saat ini tengah gencar melakukan upaya penanaman pohon untuk penghijauan. Sehingga kedepan tidak ada lagi fasilitas publik yang gersang.

    “Seperti di Bundaran Pangkalan Lima, semua fasilitas kita penuhi dan bundaran sudah kita percantik. Namun masih terlihat gersang, maka di momen hari bumi kita lakukan aksi tanam pohon bersama-sama,” ujarnya.

    Total ada 400 bibit pohon yang di tanam di sekitar Bundaran Pangkalan Lima. Bahkan kedepan bakal terus ditambah khususnya pohon peneduh, agar bisa dimanfaatkan untuk bersantai.

    “Saat ini Bundraan sudah bagus, tapi kurang pohon peneduh. Hanya sebatas tempat santai. Harusnya banyak pohon peneduh agar bisa digunakan untuk bersantai dan fasilitasnya nanti terus kita benahi,” jelasnya.

    Bundaran Pangkalan Lima, tidak kalah dengan Bundaran besar di daerah lain. Apalagi posisi Bundaran Pangkalan Lima ini berada di pintu masuk kota Pangkalan Bun. Sehingga pemenuhan fasilitas, pohon dan tanamannya menjadi prioritas untuk dibenahi.

    “Secara perlahan ruang santai di Pangkalan Bun kita tambah. Agar banyak ruang santai dan semuanya bisa dimanfaatkan, sebagai upaya mendukung pemerintah pusat untuk menanam satu miliar pohon. Bahkan berbagai momen penanaman pohon terus dilakukan,” tambahnya.

    “Termasuk nanti kami bakal menanam bibit pohon lokal di eks tempat pemprosesan akhir (TPA). Sehingga langkah ini sebagai upaya memberikan edukasi kepada masyarakat dan generasi selanjutnya. Bahwa pohon lokal juga terus dilestarikan di Bumi Marunting Batu Aji,” papar Hj Nurhidayah

    (man/beritasampit.co.id)