Bupati Hj Nurhidayah Menanam Padi Serentak Dilahan Demplot Kodim 1014 PBun

    PANGKALAN BUN – Istilah kalimat serba ‘serentak’ bukan berlaku jelang Pemilu atau Pilkada, tapi dalam program pengembangan pertanianpun kalimat ‘serentak’ diberlakukan. Seperti halnya Bupati Kobar Hj Nurhidayah, Senin (23/4/2018) menanam padi ‘serentak’ di lahan Demplot Kodim 1014 Pangkalan Bun di Desa Berabai Makmur Kecamatan Pangkalan Banteng Kabupaten Kobar.

    Acara penanaman padi serentak juga diikuti Triyanto Ketua DPRD Kobar, Dandim 1014 PBun Letkol (Inf) Wisnu Kurniawan, Camat Pangkalan Banteng,dan sejumlah unsur OPD.

    “Program ini adalah program TNI untuk menciptakan ketahanan pangan nasional khususnya di Kotawaringin Barat, sesuai visi-misi Kabupaten Kobar kedepan bahwa sektor pembangunan pertanian dalam arti luas adalah program unggulan yang harus di kedepankan dan di kembangkan,” kata Bupati, kepada sejumlah awak media.

    Menurut Bupati, saat ini Kobar masih ketergantungan kiriman beras dari jawa, beras adalah kebutuhan pokok yang selalu di butuhkan Masyarakat.

    “Semoga dengan program ini bisa membantu dan menciptakan satu keuntungan panen padinya nanti bisa berhasil dengan baik,” beber Bupati Nurhidayah.

    Dandim 1014 PBun Letkol (Inf) Wisnu Kurniawan mengatakan, sepenuhnya jajaran TNI mendukung program pertanian,yang telah dicanangkan Presiden Jokowi

    “Karena program pertanian yang dicanangkan dari pusat tujuannya untuk mengembangkan swasembada pangan seluruh wilayah NKRI. Untuk di Kotawaringin Barat TNI akan terus bersinergi dengan pemerintah daerah dan dinas terkait lainnya. Bibit padi yang sekarang ditanam secara serentak dilahan seluas 100 hektar. Sementara luas lahan pertanian hasil demplot TNI yang akan diprioritaskan di Kabupaten baru seluas 474 hektar,” terang Wisnu Kurniawan.

    Ketua DPRD Kobar Triyanto mengatakan,tugas TNI selain pertahanan negara juga manunggal dengan rakyat. Peran TNI dalam membantu ketahanan pangan dan mandiri pangan harus mendapat apresiasi dan dukungan semua pihak, khususnya masyarakat.

    “Saya sangat mengaresiasi dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada jajaran TNI khususnya Kodim 1014 PBun. Karena dengan peran TNI ini diharapkan petani dapat lebih giat dalam mengolah lahan pertanian sehingga kobar dapat menjadi daerah yang mandiri pangan,” beber Triyanto.

    (Man/beritasampit.co.id).