Birute Mary Galdikas: “Semua Guide Pariwisata Harus Mengikuti Training”

    PANGKALAN BUN – Prof Dr Birute Mary Galdikas, salah seorang ilmuan Wanita yang tupoksinya khusus merehabiltasi orangutan di Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP), mengatakan sangat setuju semua ‘Guide’ (Pemandu Wisata) harus mengikuti training atau Pelatihan Peningkatan SDM, sebagai entrepreneur TNTP.

    Menurut Birute, dalam acara Pelatihan Peningkatan SDM tersebut pihaknya telah diminta sebagai “nara sumber’, untuk memberi ceramah dan pencerahan tentang seputar penyambutan tamu wisatawan manca negara, dan bagaimana memandu wisatawan dengan baik, sehingga tamu-tamu wisata manca Negara bisa merasa puas berkujung ke TNTP.

    “Saya memberikan ceramah sekitar 3 jam, kepada peserta training, dan training kepada semua guide itu memang sangat perlu, agar mereka bisa cerdas menguasai tata cara memandu tamu-tamu wisata manca negara,” kata Birute saat diwawancari www.beritasampit.co.id Kamis (26/4/2018).

    Ditambahkan Birute Presiden OFI dan YOIK, materi lainnya yang disampaikan kepada peserta training, juga sedikit menjelaskan tentang bagaimana merehabilitasi orangutan sehingga sekarang Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) telah menjadi magnet wisata keseluruh dunia.

    Dijelaskan Birute, seseorang Guide (Pemandu Wisata), juga adalah salah satu ujung tumbaknya ‘ikon wisata’, dalam artian kalau seorang Guide cerdas, ramah, dan bisa memandu wisatawan dengan baik, maka para wisatawan akan puas, karena merasa dilayani dengan baik.

    “Tapi kalau seseorang guide, tidak cerdas, tidak ramah, bahkan tidak bisa bahasa inggris, maka wisatawan mancanegara tidak senang. Maka dari itu, semua guide harus ditraining (diberi pelatihan),” paparnya.

    (Man/beritasampit.co.id).