Begini Penilaian Ketua Komisi I DPRD Kotim Terkait Pembangunan Desa

    SAMPIT- Ketua Komisi I DPRD Kotim, Handoyo J Wibowo menjelaskan, kemajuan suatu daerah terutama tingkat Kabupaten, tidak hanya dilihat dari aspek percepatan program pembangunan di tingkat pusatnya saja.

    Menurutnya, pengembangan segala potensi merupakan acuan untuk menuntun kemajuan daerah itu sendiri agar tidak semakin terpuruk.

    “Contohnya saja percepatan pembangunan dari tingkat desa se Kotim saat ini, tidak kita pungkiri bahwa sudah menunjukan adanya perkembangan, hanya saja belum terlihat maksimal,” Ujarnya Jumat (27/4/2018).

    Bahkan politisi partai Demokrat ini menyatakan dengan tegas, kemajuan di Kotim ini tidak luput dari eksistensi desa di Kotim ini yang mana menunjukan suatu kemajuan yang ada.

    “Meskipun berkisar 60 sampai 70 persen saja, tetapi peran 168 desa dalam menunjukan kontribusinya bagi daerah ini sudah terlihat, hanya saja tingkat pengembangan SDM di tingkat desa perlu kita kembangkan,” Tukasnya.

    Handoyo mengatakan demikian, bukan tanpa alasan, dengan terkucurnya dana pusat melalui Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) selama beberapa tahun terkahir ini, Desa di Kotim ini sudah terlihat lebih mandiri.

    “Kenapa saya nyatakan seperti itu, artinya desa selama ini sudah mandiri, hanya tinggal kita dorong mereka agar lebih kreatif lagi dalam membangun desanya, dampak maju desa pasti kembali ke induknya, artinya potensi di desa sudah mulai tercurah ke publik,” Tutupnya.

    (drm/beritasampit.co.id)