Jumlah Umat Hindu Kaharingan 27 Persen Dari Jumlah Penduduk Katingan

    KASONGAN – Umat Hindu kaharingan di Kabupaten Katingan secara jumlah umat diposisi nomor 2 terbanyak, yaitu kurang lebih 27 persen dari jumlah penduduk Kabupaten katingan.Tentu ini adalah sebuah potensinya yang baik yang harus dimanfaatkan untuk tujuan yang positif untuk perkembangan pembangunan di Kabupaten Katingan.

    Demikian disampaikan Pejabat sementara (Pjs) Bupati Katingan, Suhaemi, saat menghadiri perayaan Dharmasanti Umum Hari Raya Tahun Baru Saka 1940, umat Hindu Kaharingan se Kabupaten Katingan, yang dilaksanakan di gedung Salawah Kasongan, Kamis (26/4/2018).

    Menurutnya, salah satu pembangunan yang telah dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Katingan sudah menyentuh semua agama yang ada, misalnya pembangunan rumah ibadah Balai Basarah bagi umat Hindu Kaharingan, dan telah dilajukan baik berupa pembangunan baru, pemeliharaan maupun peningkatan yang jumlah dan sasaran lokasinya akan lebih ditingkatkan ditahun tahun yang akan datang.

    “Hal ini dilakukan oleh pemerintah dengan tujuan untuk meberikan kemudahan dan kenyamanan bagi umat Hindu Kaharingan melaksanakan ibadah atau Basarah sesuai dengan ajaran agamanya,” terangnya.

    Lanjutnya, bahwa pemerintah juga mengharapkan agar umat Hindu kaharingan juga dapat berpartisifasi dan berkontribusi didalam mengisi dan menikmati pembangunan di Bumi Penyang Hinje Simpei.

    Sehingga didalam menghadapi kehidupan yang semakin maju dan berkembang ini, kiranya umat Hindu Kaharingan dan umat lainya, terus berupaya untuk menyelenggarakan dan meningkatkan keimanan serta ketakwaan, agar keberagamaan seseorang mampu mengangkat harkat dan martabat untuk berkembangn secara utuh dalam menghadapi kehidupan yang terus berkembang.

    “Agama diharapkan meberikan inspirasi dan motivator baru untuk menyegarkan kembali komitmen kita sebagai umat beragam dan sebagai warga negara, untuk meningkatkan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Rsa, sehingga dengan demikian kita dapat meningkatkan kualitas pengabdian kita kepada Nusa dan bangsa,” pungkasnya.

    (ar/beritasampit.co.id)

    EDITOR: MAULANA KAWIT