Kotim Lagi Musim DBD, Warga Diminta Jangan Buang Sampah Sembarangan

409
Sutik

SAMPIT- Anggota Komisi III DPRD Kotim, Sutik, meminta kepada seluruh lapisan masyarakat agar hendaknya menjaga kesehatan sejak dini agar tidak terserang virus penyakit berbahaya.

“Terapkan hidup sehat, bersih dan jangan sampai membuang sampah sembarangan, agar lingkungan kita tidak tercemar oleh bau negatif yang bisa mendatangkan sumber penyakit,” UUngkapnya Jumat (27/4/2018).

Politisi partai Gerindra ini juga meminta agar warga masyarakat membiasakan membuang sampah pada tempatnya agar tidak menumpuk dan mendatangkan nyamuk Aedes Aegipti yang mana bisa menyebabkan penyakit demam berdarah (DBD).

Baca Juga:   Mendekati Akhir Masa Jabatan 40 Anggota DPRD Cek Kesehatan

“Penyakit yang ditularkan oleh nyamuk, baik nyamuk Malaria dan sejenisnya selalu berada dan menyukai hal-hal bberair terutama tidak jauj dari yang namanya sampah, apalagi di musim penghujan saat ini, sangat rentan sekali,” Lanjutnya.

Dalam halnya langkah pencegahan, menurut Sutik, tidak cukup memberikan sosialisasi saja namun terlebih kepada jemput bola dan penaganan dilapangan secara langsung.

“Kami minta pihak pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan untuk cepat tanggap dalam hal ini, jangan sampai ada korban jiwa lagi, apalagi penyakit semacam ini paling sering menyerang anak-anak yang kita ketahui kondisi tubuhnya masih labil,” Tegasnya.

Baca Juga:   WADUH...4 Warga Kelurahan Palangka Diduga Terjangkit DBD

Disatu sisi Sutik juga mengharapkan kesadaran masyarakat lebih ditingkatkan agar penyakit mematikan itu tidak lagi menyerang warga Kotim ini pada umumnya.

“Kita sadari, tingkat kesadaran di masyarakat masih minim akan bahayanya buang sampah sembarangan, namun untuk itu sudah tugas kita semua menyadarkan dan memberikan penjelasan kepada mereka bahwa penyakit DBD dan Malaria, sangat rentan dengan tidak besrihnya lingkungan terutama sampah basah,” Tutupnya.

(drm/beritasampit.co.id)