SUKSES, Pensiunan ASN ini Jadi Bos  Perumahan Begini Ceritanya

    PANGKALAN BUN – Sebuah Semboyan dari Yanto pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) yakni “Mau Bekerja Keras dan kalau mau bekerja keras serta ulet, rajin, pasti akan mendapat hasilnya”. Menurut pensiunan ASN pegawai Dinas Lingkungan Hidup (DLH) ini saat dibincangi beritasampit.co.id dirumahnya di bilangan kampong Raut Naga, RT 11 Desa Pasir Panjang Kecamatan Arsel Kabupaten Kobar.

    Yanto, sejak pensiun tahun 2015 ternyata tidak tinggal diam, dia kerja keras mengolah lahan miliknya sekitar 10 hektar, dilahan terpencil, sekitar 3 km dari jalan raya Desa Pasir Panjang.

    Awalnya dia membuka usaha Kolam Pemancingan, karena lokasi lahannya banyak air. Tapi usaha membuka Kolam Pemancingan, berhenti.

    “Saya kemudian membuka usaha perumahan,karena wilayah Desa Pasir Panjang,banyak diburu para pengembang perumahan. Waktu itu saya berpikir kenapa saya engga bisa jadi pengembang,” kata Yanto.

    Setelah dirinya,berusaha belajar kebeberapa teman pengembang,akhirnya mencoba menawarkan lahan untuk perumahan.

    ”Pertama ada 5 orang yang mau pesan perumahan,dan lama-lama sampai sekarang sudah sekitar 46 rumah permanen saya bangun,sehingga lahan terpencil di Desa Pasir Panjang,kini memiliki lokasi perumahan permanen dengan nama Perumahan Raut Naga Indah”,aku Yanto.

    Berkat perjuangan Yanto membuka dan membangun lahan perumahan, dampaknya luar biasa,terhadap lingkungan wilayah Desa Pasir Panjang,antara lain aliran listrik sudah ada,sehingga kampung Raut Naga yang terpencil kini sudah benderang dengan sinar listrik.Bahkan nanti,jalan masuk keperumahan akan dibangun jalan aspal,sekitar 1 km.

    “Saya bersyukur berkat uluran Tuhan,hasil kerja keras saya bisa bermanfaat buat pengembangan perumahan di Desa Pasir Panjang,yang sekarang penghuninya sudah sekitar 150 jiwa,bahkan rencana kedepan di kampung Raut Naga akan berdiri RT yang baru di Desa Pasir Panjang”,aku Yanto.

    Tamel Kades Pasir Panjang,membenarkan bahwa sosok Yanto adalah pekerja keras.

    ”Beliau mau bekerja keras membuka usaha perumahan,yang awalnya mebangun lima rumah,sekarang sudah 46 rumah permanen berdiri megah di kampug Raut Naga,dan perumahan yang berdiri dilahan terpencil itu,salah satu kebanggaan Pemerintah Desa Pasir Panjang dan warganya”,beber Kades Pasir Panjang Tamel.

    (man/beritasampit.co.id)